Jumat 24 Mar 2023 17:12 WIB

Longsor Ciwidey Sebabkan Lima Rumah Rusak

Dari lima kecamatan yang terdampak, tercatat ada lima rumah yang mengalami kerusakan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah warga beraktivitas di halaman rumahnya yang terendam banjir di Jalan Katapang Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah warga beraktivitas di halaman rumahnya yang terendam banjir di Jalan Katapang Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Bandung sepanjang malam menyebabkan Sungai Ciwidey meluap. Lupakan air Ciwidey mengakibatkan sejumlah rumah di lima kecamatan mengalami longsor sekitar pukul 06.00 WIB,  Kamis (23/3/2023). 

Menurut Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat H, bencana longsor terjadi Longsor terjadi di lima Kecamatan di Kabupaten Bandung. Yaitu Kecamatan Kertasari, Kutawaringin, Baleendah, Soreang, dan Bandung. 

"Penyebabnya karena air sungai Ciwidey meluap di beberapa titik sehingga menyebabkan banjir di beberapa titik dan menggerus tanah," ujar Hadi, Kamis malam (23/3/2023). 

Hadi menjelaskan, dari lima kecamatan yang terdampak, tercatat ada lima rumah yang mengalami kerusakan. Yakni, di Kecamatan Kertasari 2 Unit Rumah Rusak Sedang (RS). Kecamatan Kutawaringin 1 Unit Rumah Rusak Ringan (RR). Kecamatan Baleendah 1 Unit Rumah Rusak Ringan (RR), Kecamatan Soreang 1 Unit Bangunan Rusak Ringan (RR), dan 2 Unit Fasilitas Umum/Jalan Terdampak. 

 

"Total ada 20 jiwa dadi empat KK yang mengalami dampak dari tanah longsor tersebut. Alhamdulillah tidak ada korban akibat peristiwa tersebut," katanya.

Saat ini, kata dia, tim BPBD Jabar dan Kabupaten Bandung sedang melakukan assessment. Situasi mulai kondusif dan material longsoran terus dilakukan pembersihan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement