Selasa 21 Mar 2023 09:19 WIB

Kylian Mbappe akan Gantikan Hugo Lloris Jadi Kapten Timnas Prancis

Mbappe dianggap layak menjadi pemimpin timnas Prancis meski baru berusia 24 tahun.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Kylian Mbappe akan menjadi kapten timnas Prancis pada kualifikasi Euro 2024.
Foto: AP/Natacha Pisarenko
Kylian Mbappe akan menjadi kapten timnas Prancis pada kualifikasi Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pelatih Didier Deschamps akan menjadikan Kylian Mbappe sebagai kapten masa depan tim nasional Prancis. Mbappe akan menggantikan tugas yang sebelumnya diembang Hugo Lloris, yang kini sudah pensiun dari tim nasional.

Setelah kekalahan final Piala Dunia 2022 kemarin, kiper sekaligus kapten Prancis Hugo Lloris mengumumkan mundur dari panggung sepak bola internasional. Tidak hanya Lloris bek tengah Raphael Varane juga mengumumkan undur diri dari Les Bleus usai kejuaraan Piala Dunia musim dingin kemarin.

Baca Juga

Dalam apa yang tampaknya akan menjadi awal dari era baru untuk Les Bleus. Deschamps menyebut akan melakukan diskusi dengan para pemain terkait pemilihan ban kapten menjelang kualifikasi Euro 2024. 

"Saya akan menggunakan beberapa hari pertama ini dengan grup untuk mendiskusikannya bersama pemain yang bersangkutan. Jelas, Mbappe  adalah salah satunya. Tapi akan ada lebih banyak," kata Deschamps dilansir Goal, Senin (20/3/2023).

Lebih lanjut, pelatih berusia 54 tahun menilai Mbappe punya karakteristik untuk melingkarkan ban kapten timnas Prancis. Sebab, Mbappe memiliki komunikasi yang sangat bagus bersama rekan setimnya ketika berada di atas lapangan.

"Tidak ada masalah, tapi saya tidak bisa memberikan pernyataan lengkap kepada Anda karena belum ada putusan," sambung Deschamps.

Namun menurut laporan media Prancis l'Equipe, Mbappe yang nanti akan mengenakan ban kapten di lengannya. Ia dianggap lebih mumpuni dibandingka Antoine Griezmann yang juga menjadi kandidat.

Mbappe, 24 tahun, sebelumnya telah mengambil ban kapten di level klub untuk Paris Saint-Germain (PSG) saat mereka kalah mengejutkan 0-2 di kandang dari Rennes akhir pekan. Ini karena kapten utama PSG Marquinhos cedera. 

Namun, Kylian Mbappe menunjukkan kredibilitasnya dengan memikul tanggung jawab. Kini, ia diperkirakan bakal mengambil peran sebagai kapten Prancis di bawah Deschamps.

Les Bleus memulai kiprah di kualifikasi Euro 2024 melawan timnas Belanda pada Sabtu (25/3/2023) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement