Rabu 15 Mar 2023 22:31 WIB

Begini Cara Masjid Al Huda Illinois Amerika Serikat Kenalkan Islam ke Tokoh Lintas Agama

Masjid Al Huda Illinois Amerika Serikat undang ratusan tamu untuk mengenal Islam

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Bendera Amerika.
Foto: EPA
Bendera Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, ILLINOIS – Lebih dari 200 tamu termasuk politisi, pemuka agama dan penduduk setempat berkumpul di Masjid Al Huda Midwest Islamic Center di Schaumburg, Illinois Amerika Serikat. 

Orang-orang dari berbagai latar belakang agama di  Schaumburg diundang untuk mengunjungi Pusat Islam Masjid Al Huda Midwest selama Open Day Masjid Al Huda yang digelar setiap tahunnya.  

Baca Juga

Setiap tahun masjid Masjid Al Huda di Schaumburg membuka pintunya bagi teman dan tetangga Masjid untuk bertanya, berbincang dan makan bersama komunitas Muslim. Setiap masjid memiliki makanan, presentasi, dan tur yang disiapkan untuk pengunjung. 

Pusat Islam itu menjamu tamu di ruang utama sholat, yang dipenuhi dengan tulisan-tulisan informatif tentang Islam dan Muslim. Acara dimulai dengan tilawah Alquran.  

“Seluruh tujuan bulan ini adalah untuk mendidik, menghilangkan mitos, dan membangun jembatan,” kata Sabeel Ahmed, cendekiawan Muslim di Illinois seperti dilansir Patch pada Rabu (15/3/2023).

Keistimewaan hari itu di Masjid Al Huda termasuk tur keliling Masjid dengan pemandu, pameran Islam, sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada panel ahli imam untuk menjernihkan kesalahpahaman yang mungkin pernah didengar non-Muslim yang berkunjung tentang agama Islam dan berbagai kegiatan berorientasi keluarga. 

Open Day Masjid Al Huda berlangsung setiap tahun tetapi sempat ditunda karena pandemi virus corona.

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

"Tujuan kami mengadakan acara semacam itu, yang sehat bagi komunitas kami bersama dengan tetangga kami, membantu membangun jembatan untuk membentuk aliansi di antara tetangga dan komunitas kami, ”kata Presiden Masjid Al Huda, Imran Khan. 

Acara ini diselenggarakan dengan bantuan kelompok bernama Gain Peace. Para tamu diberi kesempatan untuk mendapatkan literatur Islam gratis, yang disediakan Gain Peace, yang merupakan departemen penjangkauan Lingkaran Islam Amerika Utara.

Imam Syekh  Mahmoud Ali menyoroti dasar Islam setelah itu, Dr Sabeel Ahmed, Direktur Program Penjangkauan Gain Peace, memberikan gambaran umum tentang agama Islam, mencakup topik-topik seperti hak-hak perempuan dalam Islam dan hukum syariah. 

Dalam presentasinya, Ahmed menyinggung beberapa kesamaan antara Islam dan agama Ibrahim lainnya seperti Kristen dan Yudaisme.  

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement