Jumat 10 Mar 2023 03:38 WIB

Arsenal Main Imbang di Kandang Sporting, Roma Tekuk Real Sociedad

Arsenal bermain imbang 2-2 lawan Sporting, sementara Roma menang 2-0 dari Sociedad.

William Saliba (kedua kanan) dari Arsenal FC merayakan gol ke gawang Sporting CP bersama rekan setimnya dalam pertandingan sepak bola leg pertama babak 16 besar Liga Eropa UEFA di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Jumat (10/3/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO COTRIM
William Saliba (kedua kanan) dari Arsenal FC merayakan gol ke gawang Sporting CP bersama rekan setimnya dalam pertandingan sepak bola leg pertama babak 16 besar Liga Eropa UEFA di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Jumat (10/3/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Pemuncak klasemen Liga Primer Inggris, Arsenal, berjuang untuk memaksakan hasil imbang 2-2 kontra Sporting Lisbon dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa di Stadion Jose Alvalade, Jumat (10/3/2023) dini hari WIB. Gol bunuh diri Hidemasa Morita pada babak kedua menyelamatkan Arsenal, yang sempat unggul lebih dulu, dari kekalahan.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta membuat enam perubahan pada komposisi starter dari tim yang menang 3-2 atas Bournemouth di Liga Primer Inggris. Penyerang Reiss Nelson mendapatkan kesempatan pertamanya sejak November untuk menjadi starter. Artetajuga memberikan debut untuk bek Jakub Kiwior.

Baca Juga

Tim tamu mendominasi babak pertama dan unggul lebih dulu pada menit ke-22 melalui sundulan jarak dekat William Saliba dari sepak pojok. Namun Sporting menyamakan kedudukan 12 menit kemudian melalui sundulan Goncalo Inacio yang tidak terkawal dari sepak pojok.

Gol dari Inacio membuat para pendukung Sporting bersemangat. Mereka merespons dengan berbalik unggul pada menit ke-55 ketika Paulinho menyambar bola rebound untuk menaklukkan kiper Matt Turner. Sebelumnya, Turner menyelamatkan tendangan jarak dekat dari Pedro Goncalves, menyusul aksi apik dari Marcus Edwards, mantan pemain akademi Tottenham Hotspur.

Arsenal berjuang untuk mendapatkan hasil imbang. The Gunners terbantu kesalahan dari Hidemasa Morita, yang berusaha menghalau umpan silang Granit Xhaka, yang justru masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Di tempat lain, AS Roma asuhan Jose Mourinho mengalahkan Real Sociedad asal Spanyol 2-0 berkat gol di awal pertandingan dari sebuah serangan balik yang dilakukan oleh Stephan El Shaarawy dan sundulan di menit akhir dari Marash Kumbulla. Mikel Merino dari Sociedad sebelumnya melewatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan dalam laga di Stadion Olimpico, Roma.

Di Jerman, tim asal Belgia, Royale Union, hampir saja mengejutkan Union Berlin, yang berada di peringkat tiga Bundesliga dan harus berjuang keras untuk meraih hasil imbang 3-3 setelah tertinggal tiga kali.

Victor Boniface membuka skor untuk tim tamu di menit ke-28 dan Josip Juranovic menyamakan kedudukan sebelum jeda. Yorbe Vertessen membawa Royale Union kembali unggul di menit ke-58, Robin Knoche menyamakan skor 11 menit kemudian dari hasil rebound tendangan penaltinya yang buruk.

Bonifasius kembali mencetak gol tiga menit kemudian. Namun Sven Michel memanfaatkan bola kemelut di dalam kotak penalti untuk menyelamatkan hasil imbang bagi Union Berlin. Juga di Jerman, Bayer Leverkusen mengalahkan Ferencvaros dari Hungaria 2-0 berkat gol-gol dari Kerem Demirbay dan Edmond Tapsoba.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement