Rabu 08 Mar 2023 02:15 WIB

Sulaman di Sekeliling Hajar Aswad Selesai Diganti

Benang sulaman Hajar Aswad memakai benang buluh emas.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi menyelesaikan penggantian sulaman yang mengelilingi Hajar Aswad Kabah di Makkah, Senin (6/3/2023). Sulaman di Sekeliling Hajar Aswad Selesai Diganti
Foto: Saudi Gazette
Arab Saudi menyelesaikan penggantian sulaman yang mengelilingi Hajar Aswad Kabah di Makkah, Senin (6/3/2023). Sulaman di Sekeliling Hajar Aswad Selesai Diganti

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Badan Urusan Kompleks Raja Abdulaziz untuk Pembuatan Kiswah Ka'bah telah selesai mengganti potongan sulaman yang mengelilingi Al-Hajar Al-Aswad (Batu Hitam), dan Rukun Yamani (Sudut Yamani). Badan tersebut merupakan cabang dari Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (7/3/2023), pekerjaan mengganti potongan sulaman dengan benang buluh emas dilakukan oleh enam staf di antara penjahit paling berbakat dan terampil di kompleks tersebut. Pekerjaan diselesaikan dalam waktu 20 hari.

Baca Juga

Meskipun semakin banyak jamaah yang melakukan umroh, namun para pekerja melakukannya tanpa mengganggu mereka yang memberi salam dan mencium Hajar Aswad, dan menyentuh Rukun AYamani.

Wakil kepala Kompleks Raja Abdulaziz untuk Pembuatan Ka'bah Kiswa atau pabrik Kiswa, Amjad Al-Hazmi mengatakan pekerjaan menyulam di sekitar Hajar Aswad dan Rukun Yamani telah diselesaikan. Penyelesaian tgas itu sesuai dengan standar kualitas tertinggi dan teknik terbaru yang digunakan dalam bordir otomatis oleh mesin Tajima.

Di samping itu, beberapa tahun yang lalu sulaman baru ditambahkan ke Kiswa untuk pertama kalinya untuk memperindah Rukun Yamani. Kiswa terbuat dari sutera murni benang emas dengan harga lebih dari 22 juta riyal.

Kiswa diproduksi di pabrik khusus di lingkungan Umm Jood di Makkah yang diawaki oleh 240 teknisi, penenun, dan administrator. Kiswa memiliki lebar 95 sentimeter dan tinggi sembilan meter. Itu terbuat dari 47 bagian yang disatukan untuk menutupi semua sudut Ka'bah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement