Senin 06 Mar 2023 15:55 WIB

Kiat Mesin Cuci Bebas Bau dengan Kristal Soda dan Cuka Putih

Untuk membersihkan mesin cuci, cukup menggunakan bahan sederhana di rumah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Secangkir kristal soda dan cuka putih akan mengatasi masalah mesin cuci bau apak (iustrasi)
Foto: www.flickr.com
Secangkir kristal soda dan cuka putih akan mengatasi masalah mesin cuci bau apak (iustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Membersihkan mesin cuci secara teratur akan membuatnya bebas dari jamur dan bau apak. Bahan-bahan pembersihnya bukan dengan produk pembersih mesin cuci, namun menggunakan bahan sederhana yang ada di rumah.

Dilansir dari Express, Senin (6/3/2023), seorang wanita di Facebook bernama Becky Joanne Going sedang berjuang dengan mesin cucinya yang terus-menerus berbau tak enak. Dia menaruh beberapa pembersih mesin cuci pada pekan lalu namun malah sejak itu bau.

Baca Juga

“Saya telah membersihkan semua bagian dalam dengan pemutih dan bahkan melakukan putaran hanya dengan pemutih murni. Itu sepertinya berhasil sebentar tetapi hanya untuk dua atau tiga hari,” ujar Going.

Untungnya, meski mesinnya berbau, pakaiannya masih berbau harum berkat deterjen. Dia kemudian meminta nasihat agar mesin cucinya tidak berbau. Pecinta kebersihan dengan cepat membagikan saran mereka. Mayoritas merekomendasikan Going menggunakan kristal soda atau abu soda. Salah satu orang yang turut memberikan saran adalah Sue Mercham yang  mengatakan secangkir kristal soda dan cuka putih akan mengatasi masalah mesin cuci bau apak. “Kamu bisa menaruh bubuk sabun dan cuka di laci bagian pelembut. Saya baru saja memasukkannya,” ujar Mercham.

Menanggapi Sue, Karen Gray menjawab,”Saran Anda berhasil untuk mesin cuci saya.”

Sementara itu Teresa Holden mengungkapkan dia direkomendasikan kristal soda oleh teknisi yang memperbaiki mesin cucinya. Bagi Holden, kristal soda adalah pembawa perubahan yang signifikan.

“Kristal soda dan cuka putih pada siklus terpanas (mesin cuci)” kata Holden. Lebih lanjut, Holden menjelaskan dua bahan tersebut bekerja secara instan untuk menghilangkan kotoran dan bau tidak sedap di mesin cuci dan dia menggunakannya setidaknya sebulan sekali.

Di sisi lainnya, ada Sue Fear yang berkomentar, “Coba cuci dengan air panas serta kristal soda dan jika mungkin biarkan pintu dan laci terbuka setiap selesai mencuci. Saya juga mengeringkan karet dan laci saat mesin selesai.”

Elaine Pearce menulis satu sendok besar kristal soda setiap kali mencuci menjaga mesin tetap bersih dan juga pakaian Anda. Berikutnya ada Elizabeth Bird yang menyarankan kristal soda di setiap pencucian.

Caranya, satu sendok kristal soda dan cuka putih di mesin cuci kosong dengan pencucian cepat sepekan sekali. Kemudian biarkan pintu mesin cuci terbuka mungkin semalaman.

Kristal soda dikenal karena kemampuannya untuk menghilangkan lemak, noda, dan kotoran pada cucian. Mereka juga dapat digunakan untuk membersihkan mesin cuci itu sendiri.

Sedangkan pakar dari merek pembersih Dri Pak berbagi bahwa seseorang bisa membersihkan bagian dalam drum mesin cuci dengan kristal soda. Kristal soda membantu menghilangkan kotoran dan membangunnya dari dalam drum dan pipa limbah mesin cuci, sehingga membuat mesin berbau harum dan segar.  Ini akan melarutkan residu detergen dan kerak. “Tuang setengah bungkus kristal soda ke dalam drum,” ujar mereka.

Lalu, untuk membersihkan penutup dan laci mesin cuci para ahli menyarankan menggunakan cuka putih dan sikat gigi. Pemilik rumah harus menyalakan mesin cuci mereka pada siklus terpanas saat membersihkannya dengan kristal soda dan cuka putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement