Selasa 28 Feb 2023 21:33 WIB

Wapres Resmi Buka Masjid Raya Sheikh Zayed untuk Umum

Ma'ruf berharap Masjid Raya Sheikh Zayed menjadi simbol kesejukan.

Rep: C02/ Red: Ani Nursalikah
Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). Wapres Resmi Buka Masjid Raya Sheikh Zayed untuk Umum
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Bangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). Wapres Resmi Buka Masjid Raya Sheikh Zayed untuk Umum

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Masjid Raya Sheikh Zayed resmi dibuka untuk umum oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Selasa malam (28/2/2023). Pembukaan tersebut bertepatan dengan peringatan Isra Mi'raj 1444 Hijriyah. 

Dalam acara pembukaan tersebut hadir Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia, Abdulla Salem Al Dhaheri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, dan Direktur Masjid Raya Sheikh Zayed Munajat. 

Baca Juga

Dalam sambutannya, Ma'ruf berharap dengan digunakannya Masjid Raya Sheikh Zayed untuk masyarakat umum tidak hanya menambah karakter keislaman. Namun, membangun juga kekuatan kebangsaan serta keindonesiaan. 

"Saya berharap dengan pembukaan masjid ini tolong untuk digunakan masyarakat akan menambah kuat karakter masyarakat Islam. Yang kuat tidak hanya keislaman (tapi) kebangsaan dan keindonesiaan," kata Ma'ruf, Selasa (28/2/2023).

Selain itu, ia berharap agar masjid ini juga menjadi simbol kesejukan. Khususnya dalam membangun persatuan dan kesatuan dengan dakwah yang rahmatan lil alamin.

"Saya berharap peran dan kontribusi masjid raya sebagai corong kesejukan dan kedamaian bagi masyarakat. Sekaligus dapat meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka membangun dan merawat harmoni kerukunan dan persatuan dalam dakwah wasathiyah dan rahmatan lil alamin Indonesia yang lebih maju," kata Ma'ruf. 

Selain itu, dirinya juga mengaku bersyukur atas dibukanya masjid hadiah dari presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo tersebut. Ia juga sempat menyemangati setiap elemen yang ada di masjid tersebut untuk terus menggelorakan dakwah. 

"Saya ikut bersyukur atas pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini sekaligus juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada yang mulia presiden. Saya mendoakan kepada segenap pengurus dan jajaran pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo untuk tetap sehat, semangat, Istiqamah menjalankan segala kegiatan dan program program keagamaan dakwah dan pemberdayaan umat," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement