Selasa 28 Feb 2023 11:45 WIB

Majelis Ulama UMNO akan Fokus Meningkatkan Martabat Umat Islam

Dewan ulama UMNO akan memainkan empat peran utama.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Majelis Ulama UMNO akan Fokus Meningkatkan Martabat Umat Islam. Foto: Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Majelis Ulama UMNO akan Fokus Meningkatkan Martabat Umat Islam. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR — Dewan Ulama UMNO akan memainkan empat peran utama bagi partainya untuk menghadapi tantangan saat ini sejalan dengan kehendak Islam. Ketua dewan Datuk Dusuki Ahmad mengatakan, peran pertama adalah memberi nasihat kepada partai dalam mewujudkan fondasi dan tujuan UMNO.

Dia mengatakan ini sejalan dengan Klausul 3 dan Bagian 3.1 Konstitusi UMNO yang bertujuan untuk menegakkan, membela dan memperluas Islam sebagai agama Federal. Ini juga termasuk menghormati prinsip kebebasan beragama sebagaimana dinyatakan dalam Konstitusi Federal.

Baca Juga

"Kedua, adalah untuk mendidik dan mendisiplinkan anggota partai sehingga memastikan kepatuhan yang berkelanjutan terhadap Islam agar menjadi Muslim yang saleh dan warga negara yang baik,” ujar dia dilansir dari Straits Times, Selasa (28/2/2022).

"Ketiga, dewan ini juga akan menyarankan pemerintah untuk selalu bertindak sesuai dengan Pasal 3 (1) Konstitusi Malaysia yaitu Islam sebagai agama Federal,” sambungnya.

 

Terakhir, adalah untuk mengatasi masalah saat ini yang melibatkan kepentingan umat Islam di dalam negeri dan luar negeri , serta membimbing orang-orang untuk tetap setia pada Islam dan menjadi warga negara yang baik. Hal tersebut disampaikannya pada konferensi pers setelah memimpin pertemuan pertama dewan hari ini.

Pada 13 Januari, presiden Umno Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi mengumumkan pembentukan Dewan Ulama Umno di Majelis Umum partai 2022. Struktur resmi Majelis Ulama dibagi menjadi tiga, yaitu Anggota Tertinggi, Panel Muzakarah dan Anggota.

Anggota tertinggi terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris eksekutif, tidak lebih dari 10 anggota dan ketua Biro Agama Negara Bagian dan Wilayah Umno. Panel Muzakarah terdiri dari cendekiawan dan ilmuwan Islam dari dalam dan luar partai yang ditunjuk oleh dewan.

Anggota keanggotaan Dewan Ulama terbuka untuk lulusan Studi Islam dari lembaga pendidikan tinggi atau lembaga studi Islam tradisional atau tokoh yang pengetahuannya disertifikasi dalam studi Islam.

Dusuki mengatakan dewan tertinggi telah menyetujui 30 `mercu tanda (tengara)' Dewan Ulama Umno (Fase Awal 23-2024) untuk dilaksanakan.

"Tanda tangan adalah rencana strategis jangka pendek dan panjang yang akan berdampak pada partai dan rakyat,” terangnya.

"Salah satu dari 30 landmark adalah Program Halaqah yang akan menjadi program pelatihan permanen bagi anggota partai untuk dilaksanakan di tingkat divisi dan cabang,” kata dia.

Sesi Muzakarah Meja Bundar Dewan Ulama Umno, katanya, akan menjadi tengara lain yang akan dilakukan panelis dewan.

Baca  juga : Allahu Akbar! Tokoh Pastor Terkemuka di Amerika Serikat Hilarion Heagy Masuk Islam

“Ini adalah bidang untuk mengidentifikasi isu-isu Muslim saat ini dan masa depan, dan untuk memberikan solusi yang berdampak bagi pengembangan dan kemajuan masyarakat,” ujar Dusuki.

"Kami juga berencana untuk meningkatkan peran World Trade Centre (WTC) sebagai Islamic center dengan menggunakan Rahman Surau WTC sebagai tempat untuk melakukan kuliah reguler tentang studi Islam.

"Rincian 'tengara' lainnya akan diinformasikan dari waktu ke waktu," katanya.

Sumber:

https://www.nst.com.my/news/politics/2023/02/884118/umno-ulama-council-outlines-roles-party

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement