Senin 27 Feb 2023 17:12 WIB

Erick Sambut Kerja Sama Perdagangan Karbon IDSurvey dan BEI

Pemerintah sudah punya tools di bawah OJK tentang perdagangan karbon.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penandatanganan kerja sama strategis antara holding BUMN jasa survei (ID Survey) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait implementasi nilai ekonomi karbon.
Foto: Republika/Prayogi.
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penandatanganan kerja sama strategis antara holding BUMN jasa survei (ID Survey) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait implementasi nilai ekonomi karbon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penandatanganan kerja sama strategis antara holding BUMN jasa survei (ID Survey) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait implementasi nilai ekonomi karbon. IDSurvey sebagai brand identity dari holding BUMN Jasa Survey yang dipimpin PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI memperoleh penunjukan dari Kementerian BUMN RI melalui SE-6/MBU/12/2022 tentang Pelaksanaan Program Dekarbonisasi dan Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon di BUMN untuk Mendukung Pencapaian Target Kontribusi Nasional dan Pengendalian Emisi Rumah Kaca. 

Erick menyambut baik serta memberikan apresiasi terhadap komitmen IDSurvey dalam menjalankan amanat pemegang saham sebagai lead dari pilot project perdagangan karbon di Indonesia.

Baca Juga

"Saya apresiasi kesungguhan IDSurvey dalam menggarap isu karbon ini. Nota kesepahaman yang akan ditandatangani antara IDSurvey dan BEI ini lebih kepada bagaimana kita mulai mereaktifkan yang namanya carbon trading," ujar Erick di Gedung BEI, Jakarta, Senin (27/2/2023).

Erick menyebut pemerintah sendiri sudah punya tools di bawah OJK tentang karbon ini dan bursa sudah menjadi bagian sistem, serta IDSurvey sebagai bagian sertifikasinya. Pria kelahiran Jakarta itu menekankan konsolidasi di BUMN bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap ekonomi nasional sekaligus bisnis energi baru terbarukan yang berkelanjutan.

"Konsolidasi dalam renewable energy ini sangat penting, karena memiliki potensi yang sangat besar, (BUMN) sangat berpotensi jadi global player. Dengan ini, BUMN menunjukan punya peran dalam fundamental ekonomi nasional. Persaingan global harus kita hadapi dan kita menangi," lanjut Erick.

Direktur Utama IDSurvey, Arisudono Soerono, menyebutkan IDSurvey atau BKI sebagai induk holding BUMN Jasa Survei beranggotakan PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia, yang bergerak pada bidang jasa pengujian, inspeksi, sertifikasi, konsultansi dan klasifikasi sejak 2021 atas arahan Menteri BUMN telah menetapkan salah satu fokus kepada pengembangan layanan dekarbonisasi dengan tujuan agar IDSurvey mampu hadir untuk Indonesia dalam pencapaian target NZE 2060 atau lebih cepat.

Arisudono menyampaikan IDSurvey memberikan layanan inisiatif dekarbonisasi secara end-to-end, full suite of services, dimulai dari capability building kepada pelanggan mengenai dekarbonisasi dan nilai ekonomi karbon, pelaksanaan baselining emisi GRK, perancangan rencana aksi mitigasi, project design development dan pelaksanaan proyek inisiatif dekarbonisasi, pelaksanaan verifikasi dan validasi GRK dan juga rating serta konsultasi pengelolaan ESG.

"IDSurvey menyadari guna menyukseskan program dekarbonisasi ini, klien membutuhkan sarana agar dapat monetisasi semua upaya dekarbonisasi," ucap Arisudono.

Arisudono menyampaikan BEI sebagai penerima mandat penyelenggara perdagangan karbon dari Otoritas Jasa Keuangan, berperan penting dalam mensukseskan upaya monetisasi ini. Di sisi lain, atas prakarsa Wakil Menteri BUMN 1, Pahala Nugraha Mansury, delapan BUMN telah menandatangani Letter of Intent (LOI) untuk memulai uji coba Perdagangan Karbon di Badan Usaha Milik Negara pada pertengahan 2022 lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement