Jumat 24 Feb 2023 20:33 WIB

Aceh Dapat 219 Kuota Prioritas Lansia pada Musim Haji 2023

Kemenag Aceh sedang melakukan tahapan verifikasi jamaah di tingkat kabupaten/kota.

Jamaah haji Aceh kelompok terbang (kloter) 1 asal Pidie Jaya, Aceh Utara, Pidie, dan Sabang tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa (3/9/2019). Aceh Dapat 219 Kuota Prioritas Lansia pada Musim Haji 2023
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Jamaah haji Aceh kelompok terbang (kloter) 1 asal Pidie Jaya, Aceh Utara, Pidie, dan Sabang tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, Selasa (3/9/2019). Aceh Dapat 219 Kuota Prioritas Lansia pada Musim Haji 2023

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh menyatakan mendapat kuota prioritas untuk kelompok lanjut usia (lansia) sebanyak 219 orang. Jumlah tersebut dari total 4.378 kuota yang diberikan Kemenag pada musim haji 2023.

"Kuota lansia ini berbeda-beda dari setiap provinsi," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Aceh Arijal, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga

Kemenag telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 189 Tahun 2023 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1444 H/2023 M yang di dalamnya memuat sebaran per provinsi.

Dalam KMA tersebut ditetapkan bahwa kuota haji Indonesia 1444 H berjumlah 221.000 orang, terdiri atas 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. Dari data itu, 10.166 orang di antaranya kuota prioritas lanjut usia.

Saat ini, kata Arijal, ia sedang melakukan tahapan verifikasi jamaah di tingkat kabupaten/kota. Kemudian baru mengumumkan calon jamaah asal Aceh yang akan berangkat sesuai nomor porsi, sekaligus yang berhak melunasi pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

"Sampai hari ini belum ada nama-nama calon jamaah, kita masih menunggu verifikasi dari tingkat kabupaten/kota. Mungkin beberapa hari ini akan diumumkan jamaah haji di kabupaten/kota masing-masing," katanya.

Kanwil Kemenag Aceh juga belum menentukan pembagian kuota keberangkatan haji 2023, antara calon jamaah tahun lalu yang gagal berangkat akibat Covid-19, dengan calon jamaah yang akan berangkat tahun ini.

Hal tersebut akan diputuskan setelah mengantongi hasil verifikasi calon jamaah dari masing-masing kabupaten/kota. Kendati demikian, Arijal mengharapkan agar calon jamaah untuk menjaga kesehatan dengan baik, memperbanyak manasik haji sehingga saat musim haji tiba, jamaah calon haji asal Tanah Rencong itu bisa menjalankan ibadah dengan sempurna.

"Karena kita berharap akan lahir jamaah yang lebih mandiri sehingga proses pelaksanaan haji bisa berjalan dengan lancar, semua rukun haji atau ibadah haji dapat dilaksanakan dengan sempurna," ujarnya.

Di samping itu, Kanwil Kemenag Aceh juga telah merekrut petugas haji tahun 2023, baik petugas kelompok terbang (kloter) yang akan mendampingi jamaah haji maupun petugas non kloter yang bertugas di Arab Saudi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement