Jumat 24 Feb 2023 18:54 WIB

Esteh Indonesia Serahkan Zakat Perusahaan Rp 4 miliar kepada Baznas

Baznas ingin memaksimalkan penyaluran zakat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
 PT Esteh Indonesia Makmur menyerahkan zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di kantor Baznas RI pada Jumat (24/2/2023). Perusahaan yang bergerak dalam industri food & beverages ini menyumbang dana zakat perusahaan sebesar Rp 4.091.435.067.
Foto: Baznas
PT Esteh Indonesia Makmur menyerahkan zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di kantor Baznas RI pada Jumat (24/2/2023). Perusahaan yang bergerak dalam industri food & beverages ini menyumbang dana zakat perusahaan sebesar Rp 4.091.435.067.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Esteh Indonesia Makmur menyerahkan zakat perusahaan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di kantor Baznas RI pada Jumat (24/2/2023). Perusahaan yang bergerak dalam industri food & beverages ini menyumbang dana zakat perusahaan sebesar Rp 4.091.435.067.

Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad merasa kagum dengan perusahaan yang didirikan oleh Haidhar Wurjanto itu. Perusahaan tersebut didirikan oleh generasi muda tetapi tetap menunaikan kewajibannya membayar zakat.

Baca Juga

"Saya berpesan untuk selalu mempertahankan kekuatan hati dan kekompakan, karena ini awal dari kebesaran yang mungkin terinspirasi dari Yaaa ayyatuhan nafsul mutma 'innah, irji'iii ilaa rabbiki raadiyatam mardiyyah," kata dia.

Kiai Noor kemudian mengutip ayat 27-30 Surat Al-Fajr yang di dalamnya Allah SWT berfirman, "Wahai jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang rida dan diridai-Nya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku." (QS Al-Fajr ayat 27-30)

Bentuk kebaikan yang ditebarkan oleh Esteh Indonesia Makmur melalui Baznas, akan menjadi keberkahan dan keberhasilan di Hari Akhir kelak. Ia mendoakan agar perusahaan minuman dengan gerai-gerainya yang tersebar luas di tengah masyarakat itu tetap kompak dan lebih berjaya lagi.

"Tidak hanya 1.000 gerai, tetapi bisa tambah lagi, lebih berjaya lagi. Karena ini contoh baik di Indonesia. Patut ditiru oleh teman-teman muda dan generasi muda lain, karena Mas Haidhar bicara dengan ketulusan, begitu juga yang lain. Berangkat dari kekuatan hati," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Kiai Noor juga mengutip Surat At-Taubah ayat 103. Allah SWT berfirman, "Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Mahamengetahui."

Kiai Noor mengatakan, ayat tersebut menunjukkan bahwa doa dari para amil dan para mustahik itu akan terus mengalir untuk muzakki yang dalam hal ini ialah Esteh Indonesia Makmur.

"Meski doanya tidak disampaikan secara lisan, tetapi apa yang telah dilakukan (Esteh Indonesia) ini maka doa untuk mereka akan terus mengalir, dan Esteh akan terus berkembang," jelasnya.

Apalagi, lanjut Kiai Noor, jika ada perusahaan lain yang terinspirasi, maka Esteh juga akan diganjar pahala dari pihak yang menirunya. "Ini patut ditiru oleh generasi muda yang lain. Semoga Esteh Indonesia ini semakin berkembang, jaya, dan semakin banyak zakatnya. Dan akan kami distribusikan sesuai amanat yang diberikan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement