Kamis 23 Feb 2023 00:57 WIB

Persija Gusur Persib dari Posisi Dua Klasemen Liga 1 Indonesia

Hansamu Yama Pranata menjadi pahlawan kemenangan Persija 2-1 atas Barito Putra.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Agus Yulianto
Pemain Persija Riko Simanjuntak melakukan selebrasi usai mencetak gol.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain Persija Riko Simanjuntak melakukan selebrasi usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Persija Jakarta naik ke posisi kedua klasemen Liga 1 setelah menang 2-1 melawan Barito Putra pada pekan ke-26 di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (22/2). Sundulan Hansamu Yama dimenit akhir menjadi pahlawan kemenangan Macan Kemayoran. Dengan demikian Persija menggusur posisi Persib di urutan kedua.

Barito melakukan strategi zona marking dalam melayani permainan Persija. Mereka mengandalkan serangan balik untuk memberikan ancaman ke pertahanan lawan.

Zona marking yang dilakukan Barito membuat Persija kesulitan menembus pertahanan Barito. Pada menit ke-13, Macan Kemayoran mendapatkan peluang emas melalui Witan Sulaiman. Namun dia gagal menyambut umpan datar Aji untuk dijadikan gol. Tembakannya diblok sehingga menghasilkan tendangan sudut.

Pada menit ke-17 giliran Aji yang gagal memanfaatkan peluang emas. Ia gagal menyontek bola hasil umpan datar Riko Simanjuntak dari sisi kiri pertahanan Barito.

Namun, Barito justru mampu unggul lebih dulu 1-0 lewar Gustavo melalui skema serangan balik pada menit ke- 32. Gustavo yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Persija menerima umpan terobosan dari rekannya dan mampu menaklukkan kiper Persija.

Keunggulan tersebut tak berlangsung lama. Persija menyamakan kedudukan 1-1 melalui Riko Simanjuntak memanfaatkan bola rebond pada menit ke-34. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Babak kedua permainan menjadi lebih terbuka. Barito berani melakukan serangan. Hal tersebut menjadikan jual beli serangan terjadi.

Pada menit ke-54, Persija mendapatkan peluang bagus dari Firza yang sudah berhadapan dengan kiper setelah mendapatkan umpan dari Abimanyu. Namun kiper Barito mampu bloknya.

Beberapa menit kemudian Hanif Sjahbandi juga nyaris membawa Persija unggul lewat sundulan. Tetapi sundulannya yang menyambut umpan pojok membentur mistar. Hansamu Yama Pranata menjadi pahlawan kemenangan Persija 2-1 berkat gol sundulannya pada menit ke-90+8 sekaligus gol penutup pertandingan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement