Selasa 21 Feb 2023 15:46 WIB

Pemkot Umumkan Pemenang Logo HUT Ke-26 Kota Bekasi

Desain karya milik Topo Broto menjadi pemenang lomba logo HUT ke-26 Kota Bekasi.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi, Hudi Wijayanto.
Foto: Dok Pemkot Bekasi
Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi, Hudi Wijayanto.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengumumkan secara resmi pemenang lomba logo HUT Kota Bekasi ke-26 Tahun pada Senin, (20/2/2023). Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi), terungkap jika jumlah peserta lomba sebanyak 249 orang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Setelah melalui proses penjurian yang ketat, mulai dari proses eliminasi untuk memilih 45 besar peserta, kemudian diseleksi lagi hingga terpilih empat besar finalis dan penentuan pemenang logo utama," kata Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi, Hudi Wijayanto di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Dia mengatakan, pada gelaran kali ini, tema yang diusung adalah 'Bekasi Bangkit, Bekasi Keren; Lomba berlangsung pada 27 Januari-10 Februari 2023, dengan dewan juri yang diketuai oleh Tommy Y Sastroatmodjo.

Setelah paparan finalis, kata Hudi, dewan juri sepakat memberikan nilai tertinggi kepada desain karya milik Topo Broto yang berasal dari Kepulauan Riau. Konsep logo HUT ke-26 Kota Bekasi Ke-ini adalah bintang yang memiliki makna

sebuah pencapaian Kota Bekasi dalam membangun kota yang maju dan modern.

Hal itu berdasarkan visi dan misi Kota Bekasi yaitu Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera, dan Ihsan. Selain itu, logo yang dibuat juga menunjukkan semangat bangkit, akselerasi, dan optimistis. Menurut Hudi, di bagian atas bintang terdapat ikon Tugu Bambu Runcing yang merupakan ciri khas Kota Bekasi.

"Pemilihan warna-warna vibrant gradient pada logo memberi kesan modern, ekspresif dan menonjol. Warna vibrant juga mewakili semangat kreatif dan inovatif untuk meningkatkan potensi masyarakat Kota Bekasi yang berbasis jasa kreatif dan perdagangan yang berdaya saing," ujar Hudi.

Dia mengatakan, untuk kesekian kalinya Kota Bekasi mengadakan lomba logo dalam rangka HUT Kota Bekasi. Pada perhelatan kali ini logo yang telah dikurasi oleh dewan juri juga telah dikonsultasikan kepada Plt Wali Kota Bekasi dan ditetapkan sebagai logo resmi HUT Kota Bekasi Ke-26.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfostandi Kota Bekasi, Selamat Gunawan, menyampaikan apresiasinya atas antusiasme para peserta yang telah mengirimkan karya kepada panitia. "Saya ucapkan banyak terima kasih kepada para desain grafis yang telah meramaikan ajang lomba kali ini."

Berikut daftar pemenang:

1. Juara Utama: Topo Broto dari Kepulauan Riau;

2. Juara Harapan 1: Jaka Lesmana Putra dari Kota Medan;

4. Juara Harapan 2: I Komang Andi Sugiarta dari Gianyar, Bali;

5. Juara Harapan 3: Tri Sutanta dari Kota Bekasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement