Selasa 21 Feb 2023 13:12 WIB

Majelis Tabligh Muhammadiyah Tanggapi Pernyataan Megawati soal Pengajian Ibu-Ibu

Pengajian ibu-ibu berdimensi sosial bukan hanya spiritual.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Hafil
 Majelis Tabligh Muhammadiyah Tanggapi Pernyataan Megawati soal Pengajian Ibu-Ibu. Foto:  Pengajian Majelis Taklim (ilustrasi).
Foto:

Di sisi lain, ada juga yang sesungguhnya secara ekonomi sudah bagus, tapi anaknya masih stunting. Faktornya ini dinilainya juga kompleks, dari perhatian orang tua terhadap anak, faktor pendidikan dan literasi orang tua, hingga faktor anaknya sendiri yang memang tidak mau dan tidak suka makanan-makanan tertentu, yang justru dibutuhkan.

"Dengan segala hormat bahwa apa yang disampaikan Ibu Megawati terdapat missing point antara maksud yang diharapkan, dengan contoh yang diberikan," jelas Kamal.

Kamal menegaskan, para pejabat negara khususnya, seharusnya memiliki sensitifitas dan rasa empati yang tinggi. Sebab, sangat banyak aktifitas-aktifitas keagamaan, diantaranya yang dimotori dan digerakkan oleh ibu-ibu justru mendatangkan manfaat yang sangat besar dalam pemberian santunan dan pemberdayaan masyarakat miskin.

"Baik di desa maupun di perkotaan, dari persoalan gizi, edukasi masyarakat marginal, santunan anak-anak terlantar, fakir miskin, para janda, sampai pemberian beasiswa pendidikan," terangnya.

Pihaknya pun berharap agar seorang politisi menyampaikan narasi yang membangun, terlebih di masa menjelang Pemilu 2024 ini. Kesejukan, kata Kamal, sangat dibutuhkan oleh setiap warga bangsa, terlebih dari para sesepuh dan pemangku amanah jabatan kenegaraan.

"Kita semua mengetahui bahwa beliau (Megawati) adalah seorang tokoh politik yang sangat sentralistik, dan bahkan sangat kharismatik. Kita tentu berharap kepada para politisi agar menyampaikan narasi yang membangun aura positif di tengah warga bangsa yang majemuk ini," lanjutnya.

Selain itu, Kamal juga berharap agar seorang tokoh politik tidak kehilangan kendali dan kontrol diri dalam merespon dinamika masyarakat. Terutama semarak religiusitas yang semakin tinggi, baik dari kalangan ibu-ibu, maupun generasi milenial sebagai generasi emas di satu abad Indonesia mendatang.

Kamal kembali menegaskan bahwa tidak perlu memberikan respon dan komentar yang cenderung impulsif tanpa pertimbangan yang matang, dan bahkan di luar kesehatan nalar publik, khususnya umat Islam.

Tidak hanya itu, Kamal juga menyampaikan agar tidak perlu menyampaikan narasi maupun komentar, baik sadar maupun tidak sadar yang bisa saja dipahami publik sebagai pertanda kekhawatiran yang berlebihan, apalagi merasa terancam hanya karena masyarakat yang semakin religius.

Bahkan, katanya, tidak perlu pula melakukan rasionalisasi, baik dalam ucapan maupun tindakan untuk sebuah pembenaran sesuatu yang memang sejatinya tidak rasional, dan tidak berkaitan.

"Jangan sampai hanya karena suatu istilah sedang populer seperti stunting ataupun pelecehan seksual misalnya, lalu dirasionalisasi sedemikian rupa, seolah-olah ada stunting di balik pengajian ibu-ibu, ataupun pelecehan seksual di balik suatu kasus tertentu, padahal tak lebih dari sekedar memenuhi hasrat psikologis yang semu," tambah Kamal.

"Bila narasi seperti ini tidak segera dihentikan, jangan salahkan publik menilainya sebagai ketakutan yang tidak rasional terhadap Islam itu sendiri, atau islamophobia," lanjutnya.

Seperti diketahui, pidato Megawati itu terucap saat ia menjadi pemateri dalam Seminar Nasional Pancasila dalam Tindakan: 'Gerakan Semesta Berencana Mencegah Stunting, Kekerasan Seksual pada Anak dan Perempuan, Kekerasan dalam Rumah Tangga, serta Mengantisipasi Bencana' di Jakarta Selatan pada Kamis (16/2/2023).

Salah satu pidato Megawati yang direspons publik ketika membahas masalah anak stunting. Dia mengaitkannya dengan aktivitas keagamaan kaum ibu yang waktunya tersita untuk pengajian sehingga lupa mengurus anak.

Alhasil, ia sampai berpesan agar kaum ibu bisa membagi waktu agar waktunya tidak habis untuk pengajian dengan melupakan asupan gizi anak. "Saya melihat ibu-ibu tuh ya maaf ya sekarang kan kayaknya budayanya beribu maaf, jangan lagi saya di-bully. Kenapa toh seneng banget ngikut pengajian ya? Iya lho maaf beribu maaf, saya sampai mikir gitu lho," kata Megawati.

"Ini pengajian iki sampai kapan tho yo? Anake arep dikapake (anaknya mau diapakan), he, iya dong. Boleh bukan ga berarti boleh, saya pernah pengajian kok," ucap Megawati melanjutkan.  

Sementara, politikus PDIP Ruhut Sitompul menanggapi soal sejumlah pihak yang merespons pidato Megawati tersebut. Ruhut mengatakan tak ada yang salah dengan pidato Megawati.

"Di mana salahnya nasehat Ibu Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan Presiden RI kelima, kata Ruhut dalam unggahan status twitternya, Selasa (21/2/2023).

Ruhut meminta agar nasihat Megawati ditanggapi secara positif. 

"Belajarlah mendengar Nasihat yang positif. Tolong jangan berpikir yang negatif," ujar Ruhut.

Menurut Ruhut,  ini pengalaman Ibu dalam membagi waktu mengurus dan mendidik anak-anaknya. Dan faktanya,  sukses semua dan taat menjalankan ajaran Agama.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement