Senin 06 Mar 2023 14:12 WIB

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kursi Belajar

Membuat ruang belajar jadi nyaman merupakan hal yang penting buat anak-anak.

Kursi yang tidak tepat dapat menyebabkan sakit pinggang dan leher akibat duduk terlalu lama.
Foto: Ruparupa
Kursi yang tidak tepat dapat menyebabkan sakit pinggang dan leher akibat duduk terlalu lama.

REPUBLIKA.CO.ID, Membuat ruang belajar jadi nyaman merupakan hal yang penting buat anak-anak. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kursi belajar. Bila salah memilih kursi, bisa-bisa proses belajar si kecil jadi tidak produktif. Sebab, kursi yang tidak tepat dapat menyebabkan sakit pinggang dan leher akibat duduk terlalu lama.

Nah, agar tidak salah membeli kursi belajar, perhatikan beberapa hal penting berikut ini:

1. Pastikan ketinggian kursi dapat disesuaikan

Pilih kursi yang dapat disesuaikan dengan tinggi badan dan posisi meja. Jadinya, si kecil bisa mengatur tempat duduk sesuai tinggi yang nyaman. Sebisa mungkin pastikan si kecil duduk dengan  posisi tungkai 90 derajat sejajar paha. Hal ini bertujuan untuk menghindari beban berlebihan di bagian betis. Selain itu, pastikan posisi lengan menggapai meja agar leher, bahu, serta pinggang si kecil tidak mudah sakit.

2. Perhatikan sandaran kursi

Sandaran kursi juga merupakan hal penting saat mencari kursi belajar. Apalagi, fungsi sandaran ini adalah untuk mengurangi ketegangan punggung dan paha yang harus menanggung beban badan. Pilih dudukan kursi yang lebar dan luas agar si kecil pun lebih nyaman saat duduk.

3. Pilih kursi yang memiliki penyangga tangan

Selain sandaran punggung, pastikan kursi juga memiliki penyangga tangan, yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan di lengan dan bagian bahu. Penyangga ini juga bisa membuat posisi tangan lebih nyaman saat mengetik dan menulis di atas meja.

4. Pastikan menggunakan kursi dengan bahan yang nyaman

Selanjutnya, pastikan juga bahan dudukan kursi nyaman, tidak mudah panas, dan empuk. Hindari kursi belajar bahan plastik dan kayu karena dudukannya cukup keras. Pilih bahan kursi dari mesh, yang biasanya dilengkapi dengan sandaran punggung berjaring-jaring. Jadinya, aliran udara bisa bergerak dengan baik sehingga si kecil tidak mudah kepanasan, meski duduk berjam-jam.

5. Pakai kursi yang sesuai dengan suasana ruangan

Agar ruang belajar semakin nyaman, pilih kursi yang sesuai dengan tema ruangan. Misalnya, untuk ruang belajar bertema warna-warni, bisa memilih warna kursi kerja yang lebih terang, seperti kursi warna kuning.

Itu dia lima hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kursi belajar. Nah, kalau sedang mencari kursi, baik kursi belajar, kursi kantor, hingga meja anak, bisa menemukannya hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga unggulan dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement