Senin 20 Feb 2023 12:04 WIB
Setahun Perang Rusia-Ukraina

Poling: Dukungan Warga AS ke Ukraina Terus Turun

Poling menunjukkan kekecewaan publik AS atas perang yang tak kunjung berhenti

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Api dan asap membubung dari Jembatan Krimea yang menghubungkan daratan Rusia dan semenanjung Krimea di atas Selat Kerch, di Kerch, Krimea, 8 Oktober 2022. Perang Rusia dan Ukraina akan genap satu tahun
Foto: AP/AP
Api dan asap membubung dari Jembatan Krimea yang menghubungkan daratan Rusia dan semenanjung Krimea di atas Selat Kerch, di Kerch, Krimea, 8 Oktober 2022. Perang Rusia dan Ukraina akan genap satu tahun

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Poling terbaru Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research terhadap responden warga Amerika Serikat (AS), menunjukkan dukungan warga Paman Sam terhadap bantuan dana dan persenjataan ke Ukraina terus menurun. Jajak pendapat yang dilakukan jelang setahun Perang Rusia-Ukraina ini menunjukkan kekecewaan publik AS atas perang yang tak kunjung berhenti dan justru merugikan ekonomi dunia dan AS.

Dari total responden warga AS yang mengikuti jajak pendapat, hanya 48 persen mengatakan mereka mendukung AS yang menyediakan senjata ke Ukraina, dengan 29 persen menentang dan 22 persen mengatakan mereka tidak mendukung atau menentang.

Baca Juga

Hasil ini jauh dari angka poling sebelumnya yang digelar pada Mei 2022. Kala itu, kurang dari tiga bulan setelah perang, 60 persen orang dewasa AS mengatakan mereka mendukung pengiriman senjata ke Ukraina. Warga Amerika terbagi rata dalam mengirim dana pemerintah langsung ke Ukraina, dengan 37 persen mendukung dan 38 persen menentang, dengan 23 persen mengatakan tidak keduanya.

Tanda-tanda berkurangnya dukungan untuk Ukraina muncul ketika Presiden Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Polandia minggu depan dalam rangka menandai peringatan pertama konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

"Saya bersimpati dengan situasi Ukraina dan saya merasa sedih untuk mereka, tetapi saya merasa kita harus terlebih dahulu mengurus prioritas di sini, di rumah sendiri," kata Joe Hernandez, 44 tahun, dari Rocklin, California.

Hernandez, seorang pendukung Republikan, ia menyebut bahwa sulit untuk mendukung pengeluaran AS yang terlalu murah hati untuk bantuan militer dan ekonomi ke Ukraina, sementara banyak warga AS tidak terpenuhi kebutuhannya. Misalnya saja, AS tidak memiliki sumber daya untuk menangani konsekuensi migran yang menyeberang ke AS di perbatasan selatan. Kemudian banyak warga overdosis obat yang disebabkan oleh fentanyl dan opioid sintetik produksi laboratorium lainnya, dan krisis tunawisma di negara bagian AS yang semakin menyebar.

Biden telah berulang kali menyatakan bahwa Amerika Serikat akan membantu Ukraina "selama diperlukan" untuk mengusir invasi Rusia yang dimulai pada 24 Februari 2022 lalu. Kepercayaan pada kapasitas Biden menangani Perang Rusia-Ukraina juga terus turun. Dalam jajak pendapat menunjukkan, hanya 19 persen orang Amerika sangat percaya pada kemampuan Biden untuk menangani situasi di Ukraina. Sementara 37 persen mengatakan mereka hanya memiliki sedikit kepercayaan dan 43 persen hampir tidak memiliki kepercayaan sama sekali dengan kemampuan Biden.

Pandangan tentang penanganan perang oleh Biden terbagi sebagian besar di sepanjang garis partisan. Di antara Demokrat, 40 persen yang mengatakan mereka sangat percaya pada Biden untuk menangani situasi ini, 50 persen memiliki kepercayaan diri dan 9 persen hampir tidak percaya. Di antara Partai Republik, sebagian besar, yakni 76 persen mengatakan mereka hampir tidak percaya kepada Biden. Angka-angka itu sebagian besar tidak berubah sejak Mei lalu.

Salah seorang warga AS, Janice Fortado, 78 tahun, dari Ipswich, Massachusetts, mengatakan Biden pantas mendapat pujian atas penanganan perang. Dia setuju dengan keraguan Biden di awal perang tentang pengiriman persenjataan canggih dan ofensif, karena khawatir hal itu akan memberi alasan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memperluas perang di luar Ukraina dan memicu konflik global yang lebih besar. Tetapi perang telah berlarut-larut.

"Saya berharap kami telah menawarkan lebih banyak ke Ukraina lebih cepat,” kata Fortado, seorang Demokrat, yang menambahkan bahwa dia berharap AS dan sekutunya berubah pikiran tentang jet tempur. “Kami sepertinya telah mengirimkan bantuan setetes, setetes. Saya mengerti mengapa mereka ragu-ragu, tetapi kami sekarang berada di luar titik itu,” tambahnya.

Warga AS pendukung Partai Republik, Alex Hoxeng, 37 tahun, dari Midland, Texas, mengatakan dia berharap Partai Republik mengambil garis keras pada pengeluaran bantuan uang AS untuk Ukraina. “Saya pikir Biden tidak memikirkan inflasi,” kata Hoxeng, seorang Republikan. “Kita harus menghindarinya. Ukraina berada di belahan dunia lain dan kami memiliki masalah kami sendiri.”

Mayoritas warga Amerika, 63 persen, masih mendukung pengenaan sanksi ekonomi terhadap Rusia, jajak pendapat menunjukkan, meskipun jumlah itu juga menurun dari 71 persen, dari mereka yang mengatakannya pada Mei 2022.

Sebanyak 59 persen mengatakan membatasi kerusakan pada ekonomi AS jauh lebih penting daripada memberi sanksi secara efektif kepada Rusia. Hampir setahun yang lalu, pada Maret 2022, situasinya sempat terbalik, 55 persen mengatakan itu adalah prioritas yang lebih besar untuk memberikan sanksi kepada Rusia secara efektif, bahkan jika itu berarti merusak ekonomi AS.

Warga AS, Shandi Carter, 51 tahun, dari Big Spring, Texas, mengatakan dia menjadi frustrasi dengan dampak global perang terhadap konsumen, termasuk harga bahan bakar yang tidak stabil dan kenaikan biaya makanan. Carter, yang cenderung memilih Partai Republik, mengatakan dia tidak senang dengan penanganan krisis oleh Biden tetapi tidak berpikir Donald Trump akan melakukan yang lebih baik jika dia memenangkan pemilu 2020 lalu.

“Aku hanya berharap perang ini berakhir. Saya bahkan berharap perang itu tidak pernah dimulai, ” kata Carter. “Tidak masalah apakah ada Demokrat atau Republik di sana. Putin akan melakukan apa yang ingin dia lakukan.”

Secara keseluruhan, jajak pendapat menunjukkan bahwa sekitar seperempat orang Amerika, 26 persen, sekarang mengatakan AS harus memiliki peran utama dalam situasi memenangkan Ukraina. Angka ini, turun dari 40 persen pada Maret 2022. Namun, 49 persen mengatakan AS seharusnya memiliki peran seperlunya dalam perang Rusia-Ukraina ini, dan hanya 24 persen mengatakan seharusnya AS tidak terlibat sama sekali.

Sejak Maret 2022 lalu, persentase Demokrat yang mengatakan AS harus memiliki peran utama telah turun sedikit dari 48 persen menjadi 40 persen, sementara di antara Partai Republik turun dari 35 persen menjadi 17 persen.

Di internal Parta Demokrat juga tetap lebih cenderung mendukung pengenaan sanksi ekonomi terhadap Rusia (75 persen hingga 60 persen), menerima pengungsi dari Ukraina (73 persen hingga 42 persen), menyediakan senjata ke Ukraina (63 persen hingga 39 persen), dan mengirimkan dana pemerintah ke Ukraina (59 persen hingga 21 persen). Dukungan untuk AS terlibat peran ini telah melunak setidaknya sedikit di antara Demokrat dan Republik sejak Mei lalu.

Tom Sadauskas, 68, seorang politikus independen dari Virginia utara, mengatakan dia tidak percaya akhir perang sudah dekat. Itu membuatnya khawatir tentang arah dukungan Amerika untuk konflik yang dia yakini bisa bergema jauh di luar Ukraina jika Putin berhasil.

“Saya khawatir sebagai negara kita mudah terganggu,” kata Sadauskas, yang sejauh ini menyetujui penanganan perang oleh Biden. “Mudah untuk mengatakan, 'Ini negara yang jauh. Bahwa itu benar-benar tidak masalah.' Tetapi jika Ukraina kalah, bagaimana sikap kita ketika Putin memutuskan untuk bergerak memperluas perannya dan mengancam salah satu negara NATO tetangga kita yang lebih kecil?”

Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 1.068 orang dewasa dilakukan pada 26-30 Januari 2023 menggunakan sampel yang diambil dari AmeriSpeak Panel berbasis probabilitas NORC, yang dirancang untuk mewakili populasi AS. Margin kesalahan pengambilan sampel untuk semua responden adalah plus minus 4,2 poin persentase.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement