Selasa 14 Feb 2023 15:23 WIB

Abu Dhabi Miliki Jembatan 11 Km Hubungan 2 Pulau yang Berseberangan

Peresmian jembatan sepanjang 11 km di Abu Dhabi berlangsung pekan lalu

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Jembatan Abu Dhabi. Peresmian jembatan sepanjang 11 km di Abu Dhabi berlangsung pekan lalu
Foto: Dok Istimewa
Jembatan Abu Dhabi. Peresmian jembatan sepanjang 11 km di Abu Dhabi berlangsung pekan lalu

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI — Proyek jembatan 11 kilometer yang menghubungkan Pulau Al Reem, Pulau Umm Yifenah, dan Jalan Sheikh Zayed bin Sultan di Abu Dhabi, telah dibuka untuk lalu lintas mulai Kamis (9/2/2023) lalu. 

Anggota Dewan Eksekutif Abu Dhabi dan Ketua Kantor Eksekutif Abu Dhabi, Sheikh Khaled bin Mohamed membuka jembatan tersebut. 

Baca Juga

Dilansir dari The National News, Selasa (14/2/2023), proyek ini memiliki tujuh jembatan, termasuk dua yang membentang di atas air sejauh 3,8 km. Jalan raya enam-lane, dibangun oleh Alldar dalam kemitraan dengan Departemen Kotamadya dan Transportasi, dapat menampung 6.000 kendaraan per jam di setiap arah. Ini juga termasuk jalur pejalan kaki dan sepeda. 

Untuk melestarikan lingkungan alam di daerah sekitar proyek, para pengembang menggunakan elemen beton pracetak dan jalan lintas berbentuk lengkungan untuk memastikan aliran air dan meminimalkan dampak buruk pada lahan basah bakau, kata para pejabat. 

 

Jalan lintas melengkung juga memelihara saluran navigasi untuk kapal dan memungkinkan ikan dan hewan laut lainnya lewat dengan bebas. Pohon bakau juga ditanam di Pulau Jubail terdekat. 

Aldar mengambil 85 persen bahan secara lokal, sebagai bagian dari komitmennya untuk menambah nilai bagi ekonomi lokal. 

Jembatan ini adalah fase pertama dari proyek Mid Island Parkway yang saat ini sedang dirancang. Ini pada akhirnya akan menghubungkan Pulau Al Reem dan Pulau Saadiyat, Pantai Al Raha dan Kota Khalifa. 

Jaringan ini direncanakan selesai pada 2028 dan dirancang untuk mencakup jalur sepeda dan jalur pejalan kaki dan menggabungkan lanskap yang berkelanjutan. 

Ketua Departemen Kotamadya dan Transportasi, Mohamed Ali Al Shorafa, Ketua Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi dan ketua Aldar Mohamed Khalifa Al Mubarak, Sekretaris jenderal Dewan Eksekutif Saif Saeed Ghobash, dan Kepala eksekutif grup Aldar, Talal Al Dhiyebi juga hadir pada upacara pembukaan.  

 

Sumber: thenationals

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement