Jumat 10 Feb 2023 18:50 WIB

Erick Thohir dan Abid, Anak Medan Perantauan di Aceh yang Bercita-Cita Jadi Tentara

Fatullahabid Lubis tahu kehadiran Erick Thohir yang datang dengan Presiden Jokowi

Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Pabrik Pupuk NPK Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023). 
Foto: Dok Republika
Menteri BUMN Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Pabrik Pupuk NPK Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (10/2/2023). 

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE -- Matahari belum begitu tegak di Pasar Pagi Bathupat Timur, Lhokseumawe, Aceh. Di Jumat 10 Februari 2023 pagi itu, ramai pedagang dan orang-orang yang menantikan kehadiran Presiden Jokowi beserta rombongan, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir.

Di antara keramaian itu, ada seorang anak muda berjualan bubur kacang ijo. Namanya Fatullahabid Lubis, berusia sekira 18 tahunan. Di tangannya menggenggam Alquran ukuran kepalan tangan. Duduk di pelataran masjid dekat gerobak dagangannya, Abid, begitu sapaannya, sedang mengaji sambil menunggu pembeli. 

"Memang selalu gini (ngaji) sambil nunggu ada yang beli. Tapi ini katanya ada Pak Erick Thohir mau datang jadi sekalian nunggu beliau," kata Abid saat diajak mengobrol sembari beranjak ke gerobak kacang ijonya. 

Abid, sejak lulus pesantren sudah merantau ke Lhokseumawe. Ibunya ada di Medan, sementara dua adiknya sedang mondok di pesantren. Sedangkan Ayahnya telah tiada. Selama mondok, Abid telah hafal Alquran 20 juz. 

Tak lama, Erick Thohir pun tiba-tiba menghampiri Abid. Dua bungkus kacang ijo sudah disiapkan untuk diberikan kepada Erick sebagai oleh-oleh. 

"Bulan empat nanti mau masuk kuliah Fakultas Sosiologi. Tapi karena saya pun masih muda, mau coba masuk Bintara. Angkatan Laut atau Angkatan Darat," begitu kata Abid saat diajak ngobrol oleh Erick Thohir.

Erick pun langsung mengamini. "Nanti dibantu ya," ucap mantan Bos Inter Milan tersebut. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Erick pun mengabadikan momen itu dan membagikannya ke akun Instagram miliknya. "Senang sekali rasanya bertemu Abid. Anak muda yang jadi tulang punggung keluarga meski ada di perantauan. Luar biasa kamu, Bid. Semoga jadi panutan anak muda lainnya. Hafalannya dijaga ya, Bid. Semoga berkah dunia akhirat," kata Erick di postingan IG-nya. 

Dalam kesempatan itu, Erick mengungkapkan peran penting PT Bank Syariah Indonesia Tbk. dalam pengembangan Pasar Pagi  Bathupat. 

"Alhamdulillah, kini pedagang di Pasar Batuphat seluruhnya telah menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia," ujarnya.

Saat menyapa para pedagang, Presiden Jokowi bertanya. "Kenal sama bapak ini? (sambil menunjuk Erick Thohir," tanya Jokowi ke Pedagang. 

"Kenal Pak, Bapak BUMN," jawab pedagang. 

"Benar, Bapak BUMN, pinter," jawab Jokowi lagi. 

Selain ke Pasar Bathupat, Presiden RI Joko Widodo serta Erick Thohir akan meresmikan pabrik Pupuk Nitrogen, Phospor, dan Kalium (NPK) PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Kabupaten Aceh Utara. Kemudian menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR) pada 2023 di lokasi tersebut. 

Selanjutnya, Presiden melakukan pertemuan dengan para milenial di Gedung Pertemuan PT Pupuk Iskandar Muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement