Rabu 08 Feb 2023 17:02 WIB

Arab Saudi Tampilkan Layanan Teknologi Terbaru Bagi Jamaah Haji dan Umroh

Pameran menampilkan solusi digital yang dapat diakses melalui layar interaktif.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Robot Saudi Sara Sapa Pengunjung LEAP 2023 Gunakan Dialek Lokal. Arab Saudi Tampilkan Layanan Teknologi Terbaru Bagi Jamaah Haji dan Umroh
Foto: Arabianbusiness
Robot Saudi Sara Sapa Pengunjung LEAP 2023 Gunakan Dialek Lokal. Arab Saudi Tampilkan Layanan Teknologi Terbaru Bagi Jamaah Haji dan Umroh

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menampilkan layanan terbaru untuk jamaah pada konferensi LEAP 2023 di Riyadh. Ini adalah kedua kalinya kementerian berpartisipasi dalam konferensi teknologi tersebut.

Konferensi itu sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Arab Saudi, bekerja sama dengan Saudi Federation for Cybersecurity, Programing, and Drones di Riyadh Front Exhibition and Conference Center. Dilansir Arab News, Rabu (8/2/2023), konferensi digelar selama empat hari dan berakhir pada Kamis ini.

Baca Juga

Kementerian Haji dan Umrah Saudi menyampaikan, beberapa inisiatif telah diperkenalkan untuk memastikan jamaah dapat melakukan perjalanan yang aman, terjamin, dan memenuhi kebutuhan spiritual ke Makkah dan Madinah.

Di konferensi, Kementerian tersebut menampilkan sejumlah solusi digital yang dapat diakses pengunjung melalui layar interaktif. Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah mengatakan jumlah orang yang berpartisipasi dalam haji tahun ini akan kembali sebagaimana ketika sebelum pandemi Covid-19.

Beberapa waktu lalu Saudi telah mengumumkan langkah-langkah baru yang akan memungkinkan pengunjung, dengan jenis visa apa pun, untuk melakukan umrah tanpa batasan usia. Jamaah wanita pun dapat melaksanakan ibadah umrah tanpa perlu didampingi wali laki-laki.

Kementerian Haji dan Umrah menyatakan, masa berlaku visa umroh telah diperpanjang dari 30 hari menjadi 90 hari. Kebijakan ini memungkinkan pemegang visa mengunjungi situs keagamaan dan budaya Kerajaan.

Kementerian Luar Negeri Saudi juga sudah meluncurkan layanan elektronik yang memungkinkan penumpang singgah di Kerajaan untuk mendapatkan visa masuk. Ini akan memungkinkan orang untuk melakukan umrah, mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, dan berkeliling ke berbagai wilayah Saudi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement