Senin 02 Jan 2023 21:30 WIB

Kalahkan Filipina 2-1, Indonesia ke Semifinal Piala AFF Sebagai Runner-Up Grup A

Indonesia kalah selisih gol dari Thailand yang mengalahkan Kamboja 3-1.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan (kedua kiri) bersama rekan setimnya merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pesepak bola Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan (kedua kiri) bersama rekan setimnya merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Timnas Indonesia memastikan tiket lolos ke babak semifinal pIALA aff 2022 usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-1 pada laga keempat Grup A di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) malam. Kedua gol tim Garuda dicetak Dendy Sulistyawan menit ke-21 sebelum digandakan oleh pemain tengah Marselino Ferdinan menit ke-43. Gol penghibur Filipina terjadi pada interval kedua lewat pemain pengganti Sebastian Rasmussen.

Tim Garuda lolos sebagai runner-up grup mengingat pada laga lain Thailand mampu melibas Kamboja dengan nilai 3-1. Indonesia menyelesaikan perjalanan Grup A dengan nilai 10 dari tiga menang dan sekali imbang, sama dengan milik Thailand yang berstatus sebagai juara grup.

Baca Juga

Nantinya Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup B antara Vietnam ataupun Singapura yang baru akan bermain pada Selasa (3/1/2023).

Jalannya Laga

Pertandingan berjalan dengan tempo lambat dalam 10 menit awal. Indonesia lebih bermain tenang dengan membangun serangan dari belakang.

Bek Filipina Lyngbo terpaksa menjegal pergerakan Witan Sulaeman pada menit ke-14 untuk melakukan serangan balik cepat.

Filipina menyusun strategi dengan umpan-umpan panjang ke area pertahanan Indonesia memanfaatkan keunggulan postur tubuh. Beberapa percobaan cukup membahayakan gawang tim Merah-Putih.

Pendukung Indonesia bergemuruh pada menit ke-21. Gol cantik dari hasil lemparan ke dalam Pratama Arhan yang langsung ditanduk oleh Dendy Sulistyawan ke pojok kanan gawang Filipina gagal diantisipasi oleh kiper Pinthus. Skor sementara menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Berselang dua menit Nadeo Argawinata harus ditarik keluar setelah mendapat benturan yang cukup keras dari pemain depan Filipinsa. Posisi Nadeo digantikan penjaga gawang Persikabo, Syahrul Fadli.

Unggul skor membuat Indonesia bermain lebih tenang. Hingga menit ke-35 tim Garuda menguasai jalannya laga dengan persentasi penguasaan bola 51 persen berbanding 49 persen milik Filipina.

Dendy melancarkan counter attack pada menit ke-36. Ia melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti menggunakan kaki kiri. Sayang, bola hanya meluncur ke sisi kanan gawang Filipina.

Nyaris, Dendy kembali memiliki peluang emas. Umpan manis dari Witan Sulaeman langsung dieksekusi oleh Dendy yang melambung tinggi di atas mistar gawang.

Giliran Fachruddin Aryanto memiliki peluang terbuka di dalam kotak penalti. Peluang untuk melebar kedudukan gagal setelah tembakan sang bek melayang jauh ke atas gawang Pinthus.

Filipina memiliki peluang mencetak gol dari skema tendangan bebas. Namun tandukan Kenshiro Daniels melayang tipis di atas gawang Indonesia.

Indonesia kembali mencetak gol kedua lewat Marselino Ferdinan menit ke-43. Berawal dari sisi kanan, Asnawi Mangkualam menyodorkan umpan mendatar yang langsung ditembak oleh Marselino. Skor menjadi 2-0 untuk tim Garuda yang bertahan hingga turun minum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement