Kamis 29 Dec 2022 07:48 WIB

Otoritas Arab Saudi Peringatkan Cuaca Buruk Hingga Hujan Es Mulai Kamis

Intensitas hujan diprakirakan meningkat pada Jumat dan Sabtu

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pemerintah Kota Jeddah, Arab Saudi telah menyiapkan peralatan dan tenaganya untuk menangani keadaan darurat akibat hujan di kota itu selama akhir pekan. Otoritas Arab Saudi Peringatkan Cuaca Buruk Hingga Hujan Es Mulai Kamis
Foto: Saudi Gazette
Pemerintah Kota Jeddah, Arab Saudi telah menyiapkan peralatan dan tenaganya untuk menangani keadaan darurat akibat hujan di kota itu selama akhir pekan. Otoritas Arab Saudi Peringatkan Cuaca Buruk Hingga Hujan Es Mulai Kamis

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk, dengan perkiraan hujan sedang hingga lebat akan dimulai pada Kamis (29/12/2022) dan berlanjut hingga Selasa pekan depan. Hujan berpotensi disertai hujan es, awan debu, jarak pandang rendah, dan gelombang tinggi di sepanjang garis pantai.

“Diperkirakan pengaruh situasi akan dimulai pada Kamis malam dan intensitasnya meningkat pada Jumat dan Sabtu, dengan hujan dari sedang hingga lebat," kata Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi, dilansir di Arab News, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga

Aliran hujan deras akan terjadi di wilayah Makkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum. Al-Kamil, Bahra, Khulais, Al-Laith, Al-Qunfudhah, Al-Ardiyat, Adham Al-Baha (Al-Baha, Baljurashi, Al-Mandaq, Al-Qura, Qilwa, Al-Makhwah, Al-Aqiq, Bani Hassan, Al-Hajjrah dan Ghamid Al-Zanad), dan Asir (Al-Namas, Balqarn, Al-Majardah, Muhail, Bariq, Tanumah, Al-Barak dan Bisha)

Daerah yang diperkirakan akan terkena dampak hujan lebat pada Jumat dan Sabtu termasuk wilayah Madinah (Al-Mahd, Wadi Al-Fara'), Al-Qassim (Buraidah, Unaizah, Al-Rass dan sebagian besar kegubernuran di wilayah tersebut), dan Riyadh (Riyadh, Al-Kharj, Al-Muzahimiyah, Al-Quwa'iyah, Al-Majma'ah, Al-Zulfi, Al-Ghat, Shaqra, Ramah, Al-Dawadmi, Afif, Al-Aflaj, Wadi Al- Dawasir dan Laila).

 

Perkiraan cuaca mengatakan hujan sedang kemungkinan terjadi di Provinsi Timur, termasuk Dammam, Dhahran, Khobar, Abqaiq, Al-Ahsa, dan Al-Qatif. Mereka juga memperkirakan awan petir akan terbentuk dalam beberapa hari mendatang di beberapa bagian Jazan, termasuk Jazan itu sendiri, Farasan, Fifa, Al-Khouba, Al-Ardah, Haroub, Al-Harth, Al-Da'ir, Al-Shaqiq dan Baish, dan di Najran, mempengaruhi Habbouna dan Badr Al-Janoub.

Badai petir, disertai hujan sedang dan kemungkinan besar menyebabkan banjir, akan berlanjut dari Ahad hingga Selasa di wilayah ini. Sementara pengaruhnya dapat meluas ke wilayah Madinah, Provinsi Timur, Provinsi Perbatasan Utara, termasuk Rafha, Arar dan Tarif; Al-Jawf, termasuk Sakaka, Dumat Al-Jandal, Al-Qurayyat dan Tabarjal, Hujan es, dan Tabuk.

Prakiraan awal menunjukkan kemungkinan hujan akan bertahan di sebagian besar wilayah hingga akhir Ahad depan. Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi mendesak masyarakat memeriksa situs web dan akun media sosialnya untuk informasi terbaru tentang cuaca buruk dan daerah yang kemungkinan terkena dampak terburuk. Pusat juga meminta semua orang untuk memperhatikan peringatan terkait cuaca dan mengikuti instruksi yang dikeluarkan pihak berwenang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement