Senin 26 Dec 2022 22:23 WIB

Sering Dibahas, Menambahkan Krimer Bikin Efek Sehat Kopi Hilang? Ini Kata Ahli

Tak sedikit orang yang suka menambahkam krimer ke dalam kopi hitam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Tak sedikit orang yang suka menambahkam krimer ke dalam kopi hitam.
Foto: www.pixabay.com
Tak sedikit orang yang suka menambahkam krimer ke dalam kopi hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi para pecinta kopi, sehari tanpa minum kopi pasti terasa hambar dan sulit fokus. Karenanya, mereka pasti tak pernah melewatkan minum kopi di sela-sela kesibukan. Ada yang suka minum kopi hitam, ada juga yang kerap menambahkan pemanis dan creamer untuk mengurangi keasaman.

Berbagai studi telah mengungkap bahwa kopi hitam memiliki beberapa manfaat kesehatan utama termasuk peningkatan fokus, lebih banyak energi untuk beraktivitas fisik, dan penurunan risiko penyakit jantung 5 hingga 12 persen per cangkir dibandingkan dengan orang yang melewatkan minuman pagi yang populer ini. Namun apakah menambahkan krimer ke dalam kopi bisa menghilangkan efek positif ini?

Baca Juga

Sebagian besar krimer kopi yang konvensional diproduksi dengan bahan baku termasuk air, gula, minyak sayur, zat penstabil, dan perasa. Susu atau krim sering ditambahkan dalam jumlah kecil, dan sebagian besar krim berasal dari minyak.

"Banyak pembuat krim kopi memiliki sekitar empat gram gula dan satu setengah gram lemak jenuh per sajian," kata Haley Bishoff, pemilik Rūtsu Nutrition di Las Vegas seperti dilansir dari Eat This, Senin (26/12/2022),

Meskipun ini bukan jumlah gula atau lemak yang berlebihan, perlu diingat bahwa satu porsi hanya satu sendok makan. Jika Anda menambahkan beberapa sendok makan creamer ke beberapa cangkir kopi per hari, itu bisa mulai bertambah.

Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2020-2025 merekomendasikan setiap orang di atas usia 2 tahun untuk membatasi gula tambahan hingga kurang dari 10 persen dari total kalori. Untuk diet 2.000 kalori, Anda harus menargetkan kurang dari 50 gram gula dalam satu hari. Mengenai lemak jenuh, American Heart Association menyarankan untuk menjaganya di bawah 13 gram per hari.

“Coffee creamer bisa menjadi alternatif yang baik untuk banyak minuman di kedai kopi yang biasa mengandung lebih dari kebutuhan sehari gula dan lemak jenuh,”kata Sarah Anzlovar, MS, RDN, LDN, ahli diet makan intuitif untuk Moms di Sarah Gold Nutrition.

Jika Anda membuat kopi di rumah hampir setiap hari, creamer diyakini tidak akan menghancurkan diet sehat, begitupun jika menambahkan krimer kopi ke dalam secangkir kopi harian. Tidak ada alasan untuk melewatkan krimer dalam kopi Anda.

“Kenikmatan adalah bagian penting dari makan dan minum, dan membiarkan makanan dan minuman yang memuaskan dalam diet dapat mendukung hubungan yang sehat dengan makanan,” tambah Anzlovar.

Plus, sebenarnya ada manfaat yang signifikan untuk menambahkan creamer ke kopi Anda. Pendiri Birchwell Clinic, Anya Rosen, menjelaskan bahwa krimer kopi yang mengandung beberapa lemak sehat dapat membantu memperlambat penyerapan kafein. Ini memudahkan adrenal Anda dan menghasilkan energi yang lebih seimbang.

“Pilih krimer kopi dengan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti produk susu organik atau susu dan krim nabati, itu akan lebih baik untuk Anda,” kata Anya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement