Jumat 23 Dec 2022 22:09 WIB

Volume Kendaraan ke Luar Gerbang Tol Bakauheni Selatan Naik 28 Persen

Jelang Natal dan Tahun Baru volume kendaraan lewati Gerbang Tol Bakauheni meningkat

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah kendaraan mengantre di pintu masuk (tol gate) Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Sejumlah kendaraan mengantre di pintu masuk (tol gate) Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG - PT Hutama Karya Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) mengatakan, volume kendaraan yang menuju Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan ke luar di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan mengalami peningkatan 28 persen.

"Pantauan kami dari 17 hingga 22 Desember ada kenaikan volume sebanyak 39.234 atau 28 persen kendaraan yang ke luar melalui GT Bakauheni Selatan, dibandingkan pada hari normal," kata Branch Manager PT HK Ruas Bakter Hanung Hanindito, dihubungi di Bandarlampung, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga

Dia menyebut jelang Natal 2022 dan Tahun 2023, rata-rata jumlah kendaraan yang melintasi JTTS baik itu golongan I, golongan II, golongan III, golongan IV, dan golongan V mencapai 6.539 unit kendaraan per hari. "Jika melihat data, kendaraan golongan I masih mendominasi dengan rata-rata per hari 4.134 kendaraan yang melalui JTTS dan ke luar di GT Bakauheni Selatan," kata dia.

Hanung juga menjelaskan, kendaraan yang masuk melalui GT Bakauheni Selatan dari 17 hingga 22 Desember total mencapai 41.753 kendaraan. "Volume kendaraan yang masuk melalui GT Bakauheni Selatan dan melalui JTTS juga naik 32,01 persen. Dengan rata-rata per hari sebanyak 6.959 masuk melalui GT Bakauheni Selatan," ungkapnya.

Menurutnya volume kendaraan yang melalui JTTS diperkirakan akan terus meningkat mengingat akhir pekan ini adalah hari menuju perayaan Natal. "Kami memperkirakan volume kendaraan akan terus meningkat karena ini masih akhir pekan menuju Natal bahkan pekan depan juga akhir menjelang tahun baru," kata dia.

Hanung pun mengatakan, secara umum persiapan HK di JTTS dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. "Untuk persiapan di JTTS tidak ada kondisi spesial, semua masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement