Rabu 14 Dec 2022 13:50 WIB

Keistimewaan Rasulullah SAW yang Senantiasa Dijaga Allah SWT 

Allah SWT memuliakan Rasulullah Muhammad SAW dengan sejumlah keistimewaan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW (ilustrasi) .Allah SWT memuliakan Rasulullah Muhammad SAW dengan sejumlah keistimewaan
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Rasulullah SAW (ilustrasi) .Allah SWT memuliakan Rasulullah Muhammad SAW dengan sejumlah keistimewaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Keistimewaan dan kemuliaan akhlak Rasulullah membuka satu per satu mata hati kaum Quraisy sehingga pada akhirnya mereka pun menyatakan keimanannya memercayai Allah SWT dan Rasul-Nya.

Bahkan, sejumlah sahabat yang mulanya menjadi tokoh paling keras menentang seruan Rasulullah, seperti Umar bin Khatab, luluh. Setelah bersyahadat, justru menjadi salah satu sahabat yang paling terdepan membela perjuangan Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga

"Tapi, pada saat ini kejadiannya berbalik, saat umat banyak yang maksiat pada akhir zaman, banyak yang merendahkan Nabi Muhammad, merendahkan syariat, merendahkan Allah SWT dan kitab-Nya. Dan, sudah disebutkan kanjeng Nabi, nanti akan datang satu masa orang tidak butuh lagi dengan ulama, kiai, habaib, sehingga kalau sudah tiba saat itu datanglah kiamat," kata Ustadz Rifki Fauzi, Lc saat mengisi kajian rutin Majelis al-Bahjah di Masjid Raya Al A'zhom, Tangerang, dikutip dari dokumentasi Harian Republika, Rabu (14/12/2022).  

Dalam surat al-Ahzab ayat 56 Allah SWT berfirman: 

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”   

Menurut Ustadz Rifqi firman Allah SWT dalam surat al-Ahzab ayat 56 itu jelas menunjukkan, Rasulullah SAW adalah orang yang istimewa. Rasulullah SAW mendapatkan kasih sayang Allah SWT, bahkan malaikat pun memuji dan memohonkan pengampunan untuk Nabi. 

Dalam perjalan hidup nabi bahkan sejak lahirnya, ada banyak peristiwa-peristiwa yang menujukkan Nabi Muhammad SAW adalah orang yang mulia dan diberikan keistimewaan oleh Allah SWT. Bahkan, banyak keistimewaan yang diberikan Allah SWT pada Nabi Muhammad SAW itu sulit dicapai logika manusia. 

Seperti halnya ketika Nabi Muhammad diperintahkan untuk Isra dan  Miraj untuk menerima perintah sholat. 

Baca juga: Hidayah adalah Misteri, Dunia Clubbing Pintu Masuk Mualaf Ameena Bersyahadat

Menurut Ustadz Rifki, peristiwa itu menjadi salah satu keistimewaan Nabi Muhmmad SAW yang wajib diimani kendati pun tak dapat dimengerti akal. 

Bahkan, Ustadz Rifki menceritakan terdapat sebuah riwayat di mana Nabi Muhammad SAW menceritakan kepada sahabat Abbas tentang Nabi Muhammad SAW yang dapat berbicara dengan bulan saat masih bayi.

Terdapat juga riwayat yang mengisahkan Nabi Muhammad SAW dapat berbicara dengan kayu mimbar tua yang menangis saat nabi dan para sahabat hendak melaksanakan shalat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement