Kamis 17 Nov 2022 14:52 WIB

Asuransi Mobil Penting untuk Proteksi Kendaraan, Ini Keuntungan Memilikinya

Asuransi bisa meringankan biaya jika kendaraan mengalami kerusakan hingga kehilangan

Salah satu produk asuransi yang penting dimiliki setiap pengendara adalah asuransi mobil.
Foto: Dok istimewa
Salah satu produk asuransi yang penting dimiliki setiap pengendara adalah asuransi mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, Asuransi menjadi salah satu produk untuk melindungi diri dari dampak musibah. Salah satu produk asuransi yang penting dimiliki setiap pengendara adalah asuransi mobil.

Terkadang kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di jalan raya. Dengan asuransi mobil, maka bisa meringankan biaya yang harus Anda keluarkan jika kendaraan mengalami kecelakaan, kerusakan hingga kehilangan.

Karena itu, penting bagi Anda mendaftarkan kendaraan pribadi ke asuransi mobil terpercaya dan asuransi mobil berdasarkan budget agar senantiasa lancar dalam memanfaatkannya. Untuk mendapatkan seluruh perlindungan yang ditawarkan, Anda perlu mengetahui dulu jenis proteksi satu ini.

Setidaknya ada dua jenis asuransi yang ditawarkan di pasaran, yaitu asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk (comprehensive). Anda yang tertarik memiliki produk perlindungan menyeluruh, bisa temukan asuransi mobil All Riskdi DuitPintar,com, pialang asuransi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

photo
Salah satu produk asuransi yang penting dimiliki setiap pengendara adalah asuransi mobil. - (Dok istimewa)

Anda bisa membandingkan polis-polis asuransi terbaik di Indonesia sekaligus melakukan registrasi secara online di DuitPintar.com, website edukatif dan informatif seputar asuransi milik Anugrah Atma Adiguna atau Triple A. Selain melakukan registrasi, Anda juga dapat memilih polis yang sesuai budget, hingga melakukan klaim dengan cepat dan aman di DuitPintar.com.

Buat Anda yang ingin memberikan proteksi terbaik buat kendaraan kesayangan, mari simak selengkapnya mengenai produk asuransi mobil dalam pemaparan berikut:

Apa itu asuransi mobil

Asuransi mobil merupakan pemberian manfaat berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan roda empat, meliputi tabrakan, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, bencana alam hingga kehilangan.

Secara umum, jenis asuransi mobil terdiri dari asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi mobil All Risk (gabungan/comprehensive). Asuransi TLO hanya menanggung biaya kerusakan total saja, sedangkan asuransi mobil All Risk menanggung segala jenis kerusakan pada mobil.

Jenis-jenis asuransi mobil

Sebagaimana pertanggungannya, jenis asuransi mobil yang ditanggung dibedakan berdasarkan premi yang dibayarkan nasabah.

Seperti dipaparkan sebelumnya, jenis asuransi mobil terdiri atas dua jenis, yaitu asuransi mobil All Risk dan Total Lost Only (TLO).  Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua jenis asuransi tersebut:

Asuransi TLO

Sesuai namanya, asuransi TLO hanya melindungi tertanggung dari risiko kerugian akibat kehilangan total. Artinya, kehilangan total di sini ketika kondisi mobil mengalami kerusakan minimal 75 persen atau kehilangan akibat pencurian. Karena hanya menanggung biaya kerusakan total saja, maka premi asuransi jenis ini biasanya lebih murah di bandingkan dengan asuransi mobi All Risk.

Asuransi mobil All Risk

Selain melindungi pemilik dari kerugian akibat kehilangan total, asuransi mobil All Risk juga menanggung risiko atas segala jenis kerusakan, mulai dari ringan hingga berat, termasuk kerusakan lecet pada badan mobil.

Asuransi mobil All Risk dapat menanggung semua skala kerusakan, seperti risiko saat mobil mengalami lecet karena tertabrak tembok atau tersenggol motor karena padatnya lalu lintas. Dengan keuntungan yang ditawarkan, tak heran jika premi asuransi mobil All Risk lebih mahal di bandingkan asuransi TLO.

Keuntungan memiliki asuransi mobil

Selain mengetahui jenis-jenis asuransi kendaraan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda, penting untuk mengetahui keuntungan kepemilikan produk proteksi kendaraan. Di antaranya:

1. Meminimalkan pengeluaran saat terjadi kerusakan

Mobil adalah jenis aset yang selain nilainya terus menurun juga memiliki biaya perawatan yang tidak murah. Mulai dari biaya servis rutin per 3 atau 6 bulan sekali, belum lagi biaya tinggi jika mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Memiliki asuransi mobil membantu meminimalkan biaya-biaya ini.

2. Mendapatkan biaya pertanggungan pada pihak ketiga

Asuransi untuk mobil bisa memberikan perlindungan pertanggungan kepada pihak ketiga. Misalnya, saat mengemudi dan kemudian menabrak pengemudi lain. Kerusakan kendaraan orang yang ditabrak juga dapat ditutup oleh asuransi yang dimiliki.

3. Mendapatkan layanan tambahan

Asuransi mobil juga memberikan layanan tambahan, misalnya layanan untuk upgrade perlindungan, mendapatkan layanan dari bengkel di luar kota, dan sebagainya.

Masing-masing perusahaan punya layanan tambahan berbeda. Karena itu, Anda bisa menanyakan untuk menimbang perusahaan mana yang dapat dipilih. Itulah pemaparan mengenai asuransi mobil, jenis-jenis yang bisa dipilih dan alasan penting memilikinya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement