Sabtu 12 Nov 2022 09:16 WIB

Juergen Klopp Senang Alexander-Arnold Perkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Klopp mengatakan setiap pemain memimpikan masuk timnas.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
Pelatih kepala Juergen Klopp dari Liverpool FC setelah pertandingan sepak bola grup A Liga Champions UEFA antara Liverpool FC dan Rangers FC di Liverpool, Inggris, 04 Oktober 2022.
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pelatih kepala Juergen Klopp dari Liverpool FC setelah pertandingan sepak bola grup A Liga Champions UEFA antara Liverpool FC dan Rangers FC di Liverpool, Inggris, 04 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp bereaksi jelang laga antara timnya kontra Southampton. Partai lanjutan Liga Primer Inggris itu berlangsung di Stadion Anfield, markas the Reds, Sabtu (12/11/2022) malam WIB.

Klopp bertemu awak media. Ia diminta berbicara tentang beberapa hal di luar pertandingan kontra the Saints. Salah satunya mengenai fakta Trent Alexander-Arnold dipanggil tim nasional Inggris untuk Piala Dunia 2022.

Baca Juga

"Itu turnamen besar. Setiap pemain memimpikan hal-hal semacam ini, dan dia sangat senang dengan berita itu (pemanggilan ke timnas), jadi saya juga sangat senang untuknya," kata juru taktik berkebangsaan Jerman ini, dikutip dari laman resmi klubnya.

Sebelumnya, ada banyak perdebatan mengenai kelayakan Alexander-Arnold memperkuat the Three Lions. Terjadi pro-kontra. Mereka yang tidak sepakat, cenderung mengkritisi kemampuan bertahan sang bek.

Termasuk Gary Neville. Pundit yang juga eks penggawa Inggris itu menilai Gareth Southgate perlu berhati-hati mengenai hal ini. Termasuk menurunkan Arnold di babak sistem gugur nantinya.

Klopp tidak yakin, Neville benar-benar mengatakan itu. Sang arsitek bahkan menduga, ada yang memelintar kata-kata legenda Manchester United tersebut. Pada kenyataannya, Trent Alexander-Arnold sudah sering tampil di partai final bersama Liverpool, dan memenangkannya.

"Dia bermain di dua final musim lalu menghadapi Chelsea, di final yang sangat intens menghadapi pemain-pemain kelas dunia. Dia juga tampil menghadapi Tottenham (Hotspur), Real Madrid, dan lainnya. Dia selalu bertahan dengan baik," ujar eks pelatih Borussia Dortmund ini.

Artinya, terlalu berlebihan jika Arnold dinilai tidak layak tampil di partai penting bak laga hidup mati. Pemain tersebut baru berusia 24 tahun, tapi sudah memiliki pengalaman segudang. Apalagi di situasi terkini, the Three Lions sudah kehilangan Reece James di area bek kanan.

"Sekarang tidak banyak pilihan. Saya pikir Gareth sangat senang memiliki Trent. Trent juga demikian. Dia tenang memainkan sepak bola yang selalu dia mainkan, mencoba untuk berkembang. Saya pikir akan mengecewakan jika dia tidak ada di sana," ujar Klopp.

Pada Piala Dunia edisi terkini, Inggris tergabung di Grup B. Dalam kelompok tersebut, anak asuh Southgate bersaing dengan Iran, Amerika Serikat, dan Wales.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement