Senin 07 Nov 2022 19:35 WIB

Polisi OKI Tangkap Pembunuh yang Kubur Jasad Korbannya Pakai Alat Berat

Polisi terpaksa melumpuhkan tersangka karena dinilai hendak kabur.

Pembunuhan (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Pembunuhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Aparat kepolisian menangkap tersangka pelaku penembakan seorang warga di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jasad korban pembunuhan diketahui dikubur menggunakan alat berat.

Kepala Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda SumselKompol Agus Prihadinika, di Palembang, Senin (7/11/2022), mengatakan tersangka tersebut ialah Sutrisno alias Ten (39), warga Desa Sungai Menang, Kabupaten OKI. Tersangka ditangkap oleh Unit 4 Subdit III JatanrasPolda Sumsel di Padepokan Desa Cikondok, Kabupaten Karawang Barat, Provinsi Jawa Barat, Ahad (6/11) malam.

Baca Juga

"Polisi terpaksa melumpuhkan kaki kanannya dengan tembakan lantaran berusaha kabur," kata dia.

Menurutnya, operasi penangkapan tersangka itu dilakukan setelah polisi mendapatkan informasi penemuan jasad korban, Romli (44), warga Desa Karangsia, Sungai Menang, OKI. Adapun jasad karyawan swasta itu ditemukan terkubur dalam kubangan lumpur di Distrik Camp, Desa Sungai Menang, Kabupaten OKI, Rabu (2/11), setelah beberapa hari dilaporkan hilang oleh keluarga.

"Dari penemuan itu, kami lakukan penelusuran, ditemukan tersangka kabur ke Karawang, saat ini yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan di markas (Polda Sumatera Selatan, Red)," ujarnya.

Dendam

Kepada penyidik, tersangka mengaku nekat menghabisi korban diduga karena dendam.

Peristiwa pembunuhan tersebut bermula saat tersangka Sutrisno diminta korban untuk mengambil bahan bakar minyak jenis solar di kawasan Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (28/11) siang. Kemudian, tersangka Sutrisno menuju ke lokasi yang dijanjikan itu menyusuri sungai menggunakan perahu ketek bersama dengan tiga rekannya, berinisial A, I dan J.

Agus menyebutkan, dalam perjalanan tersebut tersangka bersama A, I dan J sudah merencanakan pembunuhan itu dengan membawa senjata api, tombak kayu dan sebilah parang yang disimpan di perahu ketek.

"Setibanya di lokasi Sutrisno langsung menembak korban sebanyak tiga kali, disusul I dan A yang menombak dan menebas parang ke pinggang dan leher korban hingga tewas," katanya lagi, jasad korban dikuburkan menggunakan alat berat hingga kemudian tersangka Sutrisno melarikan diri ke Karawang.

Penyidik kepolisian menetapkan I, A dan J sebagai tersangka yang saat ini masih buron masuk daftar pencarian orang (DPO).

Atas perbuatannya, para tersangka terancam dijerat dengan Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana dan atau Pasal 1 ayat (1) Nomor 12 Tahun 1951.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement