Senin 31 Oct 2022 20:56 WIB

Polisi Lumpuhkan DPO Kumis Kogoya

Kumis Kogoya melawan saat hendak ditangkap.

Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kabid Humas Polda Papua Komisaris Besar Polisi Ahmad Kamal,mengakui, tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz terpaksa melumpuhkan Yentinus Kogoya alias Kumis Kogoya. Kumis diketahui masuk dalam daftar pencaharian orang (DPO) setelah kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Wamena.

"Anggota terpaksa menembak karena saat hendak ditangkap, Senin (31/10) Yentinus Kogoya melawan, " kata Kamal, Senin.

Baca Juga

Dijelaskan, dari laporan yang diterima Yentinus ditangkap di Depan Toko Emas Himalaya, jalan Pemukiman Jalur 1 Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, sekitar pukul 07.47 WIT.

Setelah menerima laporan dari masyarakat, tim gabungan menuju ke jalan Pemukiman Jalur 1 Distrik Dekai, dan menangkap pelaku.

Namun saat akan diamankan, kata Kamal, Kogoya melawan petugas, sehingga anggota mengeluarkan tembakan peringatan. Karena tidak diindahkan selanjutnya anggota melumpuhkan DPO dengan tembakan terukur ke arah lutut sebelah kanan dan kiri."Yentinus Kogoya alias Kumis saat ini dirawat di RSUD Dekai,? ujarnya.

Kamal menjelaskan, Kogoya merupakan DPO narapidana Lapas Wamena yang melarikan diri pada 13 Juni 2022, bersama narapidana lainnya yakni qieYaluk Heluka. Kogoya ditangkap personel gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Nemangkawi pada tanggal 1 November 2021. Kemudian kasusnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jayawijaya di Wamena yang kemudian oleh PN Wamena divonis hukuman 1 tahun 3 bulan.

Dijadwalkan Rabu ( 2/11), Kumis diberangkatkan ke Wamena untuk proses hukum selanjutnya, kataKamal.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement