Kamis 13 Oct 2022 13:33 WIB

Produk Sehat Kian Diminati Konsumen Meski Harga tidak Murah

Kesadaran konsumen untuk membeli produk sehat kian tinggi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Gelaran Market Hopping PT Supra Boga Lestari Tbk di Jakarta.
Foto: Republika/Santi Sopia
Gelaran Market Hopping PT Supra Boga Lestari Tbk di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa pandemi Covid-19 dianggap telah memberikan pelajaran tersendiri bagi masyarakat. Dalam menjaga daya tahan tubuh, mereka semakin berpikir agar selalu memenuhi kebutuhan harian yang sehat.

Hal itu tercermin dalam pemilihan produk harian (groceries) di supermarket. Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer PT Supra Boga Lestari Tbk mengatakan saat berbelanja di supermarket, konsumen saat ini semakin menyadari pentingnya memilih yang lebih sehat.

Baca Juga

“Dari awal Ranch Market mengusung tagline its a balanced life, apalagi dalam setahun terakhir ini kesadaran konsumen kian tinggi memilih produk sehat,” kata Maria dalam peluncuran Market Hopping di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Setelah dipicu pandemi, orang semakin memperhatikan bagaimana pola makan sehat, mulai dari menjaga supan protein, sayur-sayuran dan buah. Saat ini makanan non sugar yang dicari adalah seputar bebas gluten, sedikit gula, vegan, berbasis nabati, hingga cokelat hitam.

Menurut Maria, rata-rata konsumen Ranch Market, misalnya, adalah golongan yang lebih edukasional. Mereka akan cenderung memilih produk sehat walaupun harganya relatif tidak murah.

“Orang sekarang cari yang gluten free, less sugar, dark chocolate, plant base, selain di Ranch Market ada juga cuma skalanya lebih kecil, seperti di Farmes Market,” tambah Maria.

Terdapat produk dengan sedikit garam (less salt). Kemudian brand yang mengusung makanan berbasis nabati seperti Green Rebel. Produknya dibuat dari bahan jamur dan kedelai namun dengan rasa yang persis menyerupai daging asli.

Varian yang bisa dipilih, seperti sate taichan, rendang hingga untuk pelengkap burger. Alternatif hewani ini diklaim rendah kolesterol, rendah kalori dan tinggi protein serta serat sehingga baik dikonsumsi setiap hari.

Brand The Gourmet juga menyajikan berbagai minuman herbal dan kacang-kacangan seperti almond dan pistachio. Terdapat menu roti yang disajikan bebas gluten dan cookies tanpa gula serta mentega.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement