Kamis 29 Sep 2022 12:04 WIB

Pencarian dengan Google Lens Bakal Tersedia dalam Lebih dari 70 Bahasa

Multisearch menggunakan Google Lens mempermudah pencarian hal hanya dengan teks.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Pencarian dengan Google Lens Bakal Tersedia dalam Lebih dari 70 Bahasa
Foto: EPA-EFE/WALLACE WOON
Pencarian dengan Google Lens Bakal Tersedia dalam Lebih dari 70 Bahasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fitur multisearch Google yang memungkinkan pengguna dapat mencari menggunakan gambar dan beberapa teks akan diperluas ke lebih dari 70 bahasa dalam beberapa bulan ke depan. Perusahaan mengumumkan kabar tersebut pada acara Search on, Rabu (28/9/2022).

Multisearch menggunakan Google Lens untuk mempermudah pencarian hal-hal yang mungkin sulit dicari hanya dengan teks. Misal, pengguna yang ingin mencari jaket dengan warna berbeda.

Baca Juga

Lewat multisearch, pengguna dapat membuka Google Lens di aplikasi Android atau iOS Google. Kemudian pengguna dapat mengambil gambar jaket, mengetik warna yang diinginkan, dan pencarian diproses.

Banyaknya bahasa yang tersedia dalam multisearch membuat semakin banyak orang yang akan menggunakannya. Fitur tersebut awalnya diluncurkan pada April lalu dalam versi beta khusus Amerika Serikat (AS) dan saat ini tersedia secara global dalam bahasa Inggris.

Meski begitu, ada fitur multisearch baru yang akan tersedia pertama kali di AS. Pada Google I/O tahun ini, perusahaan mempratinjau “Multisearch near me” yang memungkinkan pengguna menemukan berbagai hal secara lokal. Misal, itu bisa berguna jika akan mencari hidangan makanan tertentu yang mungkin tersedia di restoran terdekat. Di Search On, Google mengumumkan bahwa fitur ini akan datang ke AS pada musim gugur ini.

Dilansir The Verge, Kamis (29/9/2022), Google juga memamerkan beberapa fitur pencarian lain. Mulai Rabu, aplikasi iOS Google akan mulai menampilkan pintasan di bawah bilah pencarian untuk memunculkan hal-hal hebat yang sudah dapat dilakukan pencarian, seperti menerjemahkan teks dengan kamera atau memungkinkan pengguna bersenandung untuk mencari lagu.

Perusahaan juga memperkenalkan beberapa alat baru untuk membantu pengguna menemukan lebih banyak tentang topik tertentu. Misal, ketika pengguna mulai mengetik sesuatu di kotak pencarian, Google sedang membangun fitur yang akan menyarankan kata kunci dan opsi topik yang dapat diklik untuk membantu mengisi kueri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement