Kamis 15 Sep 2022 13:43 WIB

Kapolda Ungkap Modus Pertalite Dijual Pertamax

Kapolda ingatkan agar tidak mencoba-coba salah gunakan BBM bersubsidi.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi,mengingatkan masyarakat untuk tidak mencoba-coba menyalahgunakan BBM bersubsidi karena itu termasuk pelangggaran hukum.

Saat ditemui usai menjadi pembicara kunci dalam kegiatan diskusi kelompok terfokus dengan tema "Dinamika Kebijakan Subsidi BBM" di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (15/9/2022), dia mengatakan, polisi pasti menindak tegas pihak-pihak yang menyalahgunakan BBM bersubsidi. "Berdasarkan pengamatan dari jajaran Reserse Kriminal Khusus, kami sudah mengamankan 82 ton BBM dari berbagai jenis," katanya.

Baca Juga

Menurut dia, kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi dengan total barang bukti sebanyak 82 ton BBM itu melibatkan 75 tersangka dan seluruhnya telah ditahan. Ia mengatakan modus para tersangka, di antaranya membeli BBM bersubsidi secara eceran di stasiun pengisian bahan bakar umum untuk dikumpulkan atau ditimbun.

Selain itu, mengoplos atau mengubah Pertalite menjadi Pertamax dengan diberi bahan-bahan tertentu serta mencampur solar dengan zat tertentu. "Ini sudah kami lakukan pengamanan. Dan dengan kenaikan harga BBM ini, tidak ada lagi masyarakat yang coba-coba melakukan pelanggaran hukum," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement