Rabu 14 Sep 2022 21:45 WIB

Karavanserai Sultanhani, Terbesar di Dunia

Karavanserai Sultanhani, bangunan ini merupakan peninggalan Kesultanan Turki Seljuk.

The Sultanhani Caravanserai.
Foto: Hurriyetdailynews.com
The Sultanhani Caravanserai.

IHRAM.CO.ID, Salah satu karavanserai yang masih bisa ditemui saat ini ada di Kota Konya, Turki. Bernama Karavanserai Sultanhani, bangunan ini merupakan peninggalan Kesultanan Turki Seljuk. Yang istimewa, karavanserai ini diyakini sebagai yang terbesar di dunia, sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Dibangun pada abad kedelapan Masehi, bangunan ini dahulu menjadi tempat singgah dan bertemunya para pedagang yang melintasi wilayah Konya, Aksaray sebelum berlanjut ke Cappadocia.

Wali Kota wilayah itu Fahri Solak me ngatakan, karavanserai ini merupa kan yang terkuat dan terbesar di dunia. Ba nyak wisatawan asing dan lokal me ngun jungi tempat ini. "Kami terus mela kukan perbaikan dengan harapan ba ngun an kuno ini tetap terjaga dan terus men jadi daya tarik bagi wisatawan," kata dia.

Baca Juga

Soal gaya arsitektur Karavanserai Sultanhani, Solak mengatakan, ini merupakan satu-satunya karavanserai yang memiliki dua pintu masuk yang terbuat dari marmer. Keistimewaan inilah yang membuat karavanserai ini dikunjungi banyak wisatawan.

Semasa Sultan Seljuk, Alladin Keybubat berkuasa, Aksaray merupakan salah satu persinggahan penting di Jalur Sutra yang melalui Anatolia. Pada tahun 1278, bangunan ini sempat rusak akibat kebakaran. Sultan Kaykhusraw III kemudian memperbaikinya.

 

Karavanserai Sultanhani terdiri atas dua bagian. Bagian pertama digunakan ketika musim panas, dan bagian lainnya untuk musim dingin. Luas bagian pertama mencapai 4.868 meter persegi dan dilengkapi sebuah masjid kecil. Pada era Seljuk, karavaserai ini mencapai puncak kejayaan. Namun, ketika terjadi pergantian kekuasaan di Turki, kejayaan itu pun meredup.

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement