Jumat 09 Sep 2022 09:05 WIB

Mengenang Ratu Elizabeth II, Pemimpin Monarki Inggris Terlama

Ketika Elizabeth II naik takhta pada 1952, pemimpin Uni Soviet adalah Joseph Stalin.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Ratu Elizabeth II. Mengenang Ratu Elizabeth II, Pemimpin Monarki Inggris Terlama
Foto: EPA
Ratu Elizabeth II. Mengenang Ratu Elizabeth II, Pemimpin Monarki Inggris Terlama

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Rakyat Inggris dan dunia sedang berduka setelah mendengar kabar telah  kehilangan satu sosok pemimpin besar, yaitu Ratu Elizabeth II. Dia mengembuskan napas terakhir di usia 96 tahun. Dia dikenal sebagai pemimpin monarki terlama dalam sejarah.

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926 dan naik takhta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952. Pada 2015, dia menjadi pemimpin Inggris terlama dalam sejarah, bahkan melebihi pemerintahan nenek buyutnya Ratu Victoria yang duduk di atas takhta selama 63 tahun tujuh bulan.

Baca Juga

Selain pemimpin terlama, Elizabeth juga merupakan pemimpin Inggris pertama yang melihat Yubileum Platinum, untuk menghormati 70 tahun takhtanya. Dia adalah satu-satunya anggota keluarga kerajaan wanita yang memasuki angkatan bersenjata.

Elizabeth II adalah kepala negara yang paling sering bepergian di dunia. Tercatat, dia sudah mengunjungi lebih dari 110 negara. Selain itu, dia juga satu-satunya orang di Inggris yang diizinkan mengemudikan mobil tanpa SIM.

Salah satu kunjungannya adalah kunjungan resmi ke Jerman Barat pada 1965. Itu merupakan kunjungan ke Jerman pertama oleh seorang kerajaan Inggris sejak sebelum pecahnya Perang Dunia I

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Republika Online (@republikaonline)

sumber : https://www.aa.com.tr/en/world/profile-queen-elizabeth-ii-britains-longest-serving-monarch/2680563#
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement