Senin 05 Sep 2022 22:05 WIB

Voyager 1 Sudah 45 Tahun di Luar Angkasa

Probe Voyager dirancang untuk terbang melewati Planet Jupiter dan Saturnus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Voyager
Foto: NASA
Voyager

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Probe Voyager 1 diluncurkan 45 tahun lalu, pada 5 September 1977, hanya beberapa pekan setelah kembarannya Voyager 2. Kedua pesawat ruang angkasa itu dirancang untuk terbang melewati Planet Jupiter dan Saturnus.

Pada saat itu, tidak ada yang mengharapkan pesawat ruang angkasa itu masih bekerja lebih dari empat dekade kemudian. Tapi sekarang, voyager-voyager membentang menuju putaran 50 tahun di luar angkasa.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Senin (5/9/2022), Voyager 1 saat ini lebih dari 14,6 miliar mil (23,5 miliar kilometer) dari Bumi-itu lebih dari 157 kali jarak dari Bumi ke matahari- dan bergerak ke luar dengan kecepatan 38.000 mph (60.000 kph).

“Hari ini, saat kedua Voyager menjelajahi ruang antarbintang, mereka memberikan pengamatan wilayah yang belum dipetakan kepada umat manusia,” kata Linda Spilker, wakil ilmuwan proyek Voyager di Jet Propulsion Laboratory (JPL) Badan Antariksa Amerika (NASA) di California, dalam sebuah pernyataan.

Voyager 1 khususnya memiliki sesuatu untuk dirayakan dengan ulang tahun ini, karena NASA baru-baru ini berhasil memperbaiki kesalahan yang menyebabkan pesawat ruang angkasa bergantung pada komputer yang mati, yang menyebabkan probe mengirimkan data omong kosong ke Bumi.

Meskipun personel misi telah mengembalikan pesawat ruang angkasa ke jalurnya, mereka masih mencari tahu apa yang memicu peralihan tersebut, menurut pernyataan NASA.

Setelah peluncuran 1977, tonggak misi datang dengan cepat. Voyager 1 pertama kali melihat Jupiter pada April 1978 dan melakukan pendekatan terdekatnya ke planet masif itu pada Maret 1979. Pesawat ruang angkasa itu juga melihat sekilas bulan-bulan Jupiter, termasuk Io, permukaan vulkanik aneh yang diungkapkan Voyager 1.

Kemudian, wahana itu menuju ke Saturnus dan bulan terbesarnya, Titan, terbang melintas pada November 1979, hanya dua tahun setelah peluncuran. Jalan memutar Voyager untuk melihat lebih dekat ke Titan berarti tidak ada lagi flybys; kembarannya Voyager 2 malah terus berlayar ke Uranus dan Neptunus.

Voyager 1 menjadi objek buatan manusia terjauh pada 1998, menurut NASA, dan menandai 100 jali jarak dari Bumi ke matahari pada 2006.

Pada 2012, Voyager 1 memasuki ruang antarbintang, wilayah di luar heliosfer, yang merupakan gelembung yang terbentuk oleh partikel bermuatan yang terus-menerus mengalir dari matahari dan keluar ke luar angkasa. Di luar heliosfer, pesawat ruang angkasa mencatat jauh lebih banyak sinar kosmik – fragmen atom yang menembus ruang angkasa – daripada partikel matahari.

“Ini adalah pertama kalinya kami dapat secara langsung mempelajari bagaimana bintang, matahari kita, berinteraksi dengan partikel dan medan magnet di luar heliosfer kita," tambah Spilker, "membantu para ilmuwan memahami lingkungan lokal di antara bintang-bintang, membalikkan beberapa teori tentang wilayah ini dan memberikan informasi penting untuk misi masa depan.”

Meskipun empat instrumen pada probe Voyager 1 masih mengumpulkan data untuk dikirim ke Bumi, personel misi berharap mereka perlu mematikan instrumen tambahan seiring berjalannya waktu dan sumber tenaga nuklir probe melemah. Akhirnya, probe kembar akan terdiam-meskipun mereka akan terus menembus ruang angkasa selama miliaran tahun.

“Voyager-voyager terus membuat penemuan luar biasa, menginspirasi generasi baru ilmuwan dan insinyur," Suzanne Dodd, manajer proyek Voyager di JPL, mengatakan dalam pernyataan yang sama. "Kami tidak tahu berapa lama misi akan berlanjut, tetapi kami dapat yakin bahwa pesawat ruang angkasa akan memberikan lebih banyak kejutan ilmiah saat mereka melakukan perjalanan lebih jauh dari Bumi.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement