Rabu 20 Jul 2022 13:53 WIB

Kapolrestro: Tawuran Hanya Pancing Siswa Tumbuhkan Sifat Kriminal

Tawuran sudah jadi tradisi antara senior ke juniornya untuk menantang sekolah lain.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Polrestro Jakbar, Kombes Pasma Royce (kiri).
Foto: Dok Polda Metro Jaya
Kepala Polrestro Jakbar, Kombes Pasma Royce (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Metro Jakarta Barat (Polrestro Jakbar) berusaha memutus tradisi tawuran antarsekolah dengan mengumpulkan siswa yang sekolahnya kerap berkelahi untuk diberi penyuluhan. Polrestro Jakbar beserta jajaran kecamatan, koramil, serta Suku Dinas Pendidikan Jakbar melakukan sosialisasi antitawuran kepada 200 siswa di GOR Tanjung Duren.

"Tawuran sudah jadi tradisi sekolah antara senior ke juniornya untuk menantang sekolah lain. Kita akan putus tradisi itu dengan menyosialisasikan bahayanya melakukan tawuran," kata Kepala Polrestro Jakbar, Kombes Pasma Royce usai memberikan arahan kepada ratusan siswa sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Baca: Warganet Tuntut Dishub Kota Bekasi dan Pengembang Dijerat Hukum Imbas Kecelakaan Maut

Pasma mengatakan, pelajar harus diingatkan bahwasanya tidak ada untungnya melakukan tawuran. "Tawuran hanya memancing siswa menumbuhkan sifat kriminal sehingga tidak segan menganiaya orang lain hingga luka atau bahkan tewas," ujarnya.

Pasma lantas mengungkap kasus siswa tewas di wilayah Jakbar karena aksi tawuran. Pada kesempatan itu, Pasma mengingatkan, akan menindak tegas siswa yang kedapatan melakukan aksi tawuran hingga menimbulkan korban jiwa. "Kita tindak tegas, tidak ada ampun," jelasnya.

Pasma sempat ditanya berapa jumlah kasus dan siswa yang ditahan karena terlibat aksi tawuran di Jakbar. Hanya saja, ia belum bisa menjelaskan secara rinci. "Kita harus melihat data ya, yang pasti cukup banyak berdasarkan hasil patroli kita," jelasnya.

Ratusan siswa yang datang itu yakni siswa SMK Islam Perti dan SMK Bhara Trikora. Dua sekolah ini diundang untuk diberikan sosialisasi lantaran kerap melakukan aksi tawuran di wilayah Grogol Petamburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement