Sabtu 16 Jul 2022 07:53 WIB

Julianne Moore Didapuk Jadi Pimpinan Juri Venice Film Festival 2022

Venice Film Festival 2022 akan berlansung pada Agustus-September mendatang.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nora Azizah
Aktris peraih Oscar, Julianne Moore, akan memimpin juri Venice Film Festival 2022.
Foto: EPA
Aktris peraih Oscar, Julianne Moore, akan memimpin juri Venice Film Festival 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris peraih Oscar, Julianne Moore, akan memimpin juri Venice Film Festival 2022. Di mana, edisi ke-79 dari festival Italia tersebut akan berlangsung pada 31 Agustus-September 2022 mendatang.

Dilansir dari Hollywood Reporter, Sabtu (16/7/2022), Moore akan menjadi juri bersama dengan berbagai juri internasional lainnya. Mulai dari sutradara, penulis, dan produser Argentina, Mariano Cohn, yang film terakhirnya Kompetisi Resmi yang dibintangi Penelope Cruz dan Antonio Banderas ditayangkan perdana di Venesia tahun lalu.

Baca Juga

Kemudian ada pembuat film Italia dan pemenang debut sutradara David di Donatello 2013, Leonardo Di Costanzo; sutradara Perancis, Audrey Diwan, yang filmnya tahun 2021 "Happening" memenangkan Golden Bear di Berlin pada tahun 2021.

Lalu ada aktris Iran dan bintang "A Separation", Leila Hatami; novelis "Never Let Me Go", Kazuo Ishiguro; dan pembuat film Spanyol, Rodrigo Sorogoyen, yang fiturnya "The Candidate" memenangkan tujuh penghargaan Goya pada tahun 2019. Direktur artistik Venesia, Alberto Barbera, yang membuat pengumuman mengenai juri tersebut.

 

Moore, yang menjadi wanita AS pertama yang mendapatkan hadiah akting terbaik di Berlin, Venice, dan Cannes mengikuti jejak Bong Joon-ho, yang menjabat sebagai presiden juri Venesia pada tahun 2021.

Juri akan memberikan hadiah resmi untuk film layar lebar dalam sejumlah kompetisi, yakni Golden Lion untuk film terbaik, Silver Lion-Grand Jury Prize, Silver Lion untuk sutradara terbaik, Coppa Volpi untuk aktris terbaik, Coppa Volpi untuk aktor terbaik, Special Jury Prize, penghargaan untuk skenario terbaik, Penghargaan Marcello Mastroianni untuk aktor atau aktris muda baru terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement