Kamis 14 Jul 2022 21:22 WIB

Hewan Qurban Terkena Cacing Hati di Sleman Capai 487 Ekor

Sebelum penyembelihan ternak mereka melakukan pula pemeriksaan ante mortem

Rep: wahyu suryana/ Red: Hiru Muhammad
Pekerja merawat domba di peternakan Sinatria, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (27/7/2020). Peternakan domba modern dengan sistem kandang terkoleksi guna menjaga kebersihan kandang tersebut makin ramai didatangi pengunjung untuk membeli hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha atau belajar tentang peternakan modern.
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Pekerja merawat domba di peternakan Sinatria, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (27/7/2020). Peternakan domba modern dengan sistem kandang terkoleksi guna menjaga kebersihan kandang tersebut makin ramai didatangi pengunjung untuk membeli hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha atau belajar tentang peternakan modern.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN--Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman melaksanakan pemantauan terhadap sebanyak 353 titik pasar hewan. Terdiri dari 110 lokasi kandang kelompok, 10 lokasi pinggir jalan dan 233 lokasi perseorangan.

Kepala Dinas P3 Sleman, Suparmono mengatakan, jumlah ternak yang terpantau ada 6.431 ekor terdiri dari 3.306 sapi, 2.942 domba dan 183 kambing. Permintaan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang diterbitkan petugas medik naik.

Baca Juga

Total ada 702 SKKH yang diterbitkan untuk 1.030 sapi, 426 domba dan 19 kambing. Sedangkan, SKKH yang diterbitkan kabupaten maupun provinsi total 171 surat. Ada 123 SKKH antar kabupaten dengan rincian 114 sapi, 126 domba dan tiga kambing.

"48 Surat Keterangan Kesehatan hewan (SKKH) antar provinsi dengan rincian sapi 83 ekor dan domba 195 ekor. Sedangkan, untuk penerbitan rekomendasi pemotongan ternak di luar rumah potong hewan ada 91 rekom," kata Suparmono, Kamis (14/7/2022).

 

Sebelum penyembelihan ternak mereka melakukan pula pemeriksaan ante mortem memastikan ternak yang akan dipotong sehat. Usai penyembelihan, dilakukan pula pemeriksaan post mortem untuk memastikan semua bagian sehat dikonsumsi.

Hasil pemeriksaan selama periode 9 Juni-13 Juli 2022, terdapat total 2.586 titik pemantauan pemotongan hewan qurban. Total ternak yang dipotong mencapai 24.825 ekor yang terdiri dari 10.037 sapi, 2.413 ekor kambing dan 12.375 ekor domba.

"Persentase kasus fasciola pada sapi 461 (4,59 persen), kasus fasciola pada kambing enam (0,25 persen) dan persentase kasus fasciola pada ternak domba 20 (0,16). Persentase fasciola dari total pemotongan ternak 487 (1,96 persen)," ujar Suparmono.

Meski begitu, ia menekankan, untuk ternak yang saat disembelih di hatinya kena cacing, daging aman untuk dikonsumsi. Hanya bagian hati yang terkena cacing saja diafkir, sedangkan hati yang terkena menyeluruh, seluruh hati diafkir.

Saat pemantauan pemotongan hewan kurban, ditemukan satu ternak yang mengarah atau bergejala PMK. Ternak tetap dipotong, tapi bagian kepala, kaki dan jeroan diafkir. Selain cacing hati, ditemukan pula ternak yang mengalami pneumonia.

Ditemukan di tujuh ekor sapi dengan bagian paru-paru sudah diafkir, tapi daging dan bagian lain aman dikonsumsi. Terjadi pula peningkatan pemantauan titik pasar tiban yang dikarenakan Idul Adha saat ini berbarengan kemunculan penyakit PMK.

"Petugas pemantauan pasar tiba lebih meningkatkan kunjungan ke kelompok maupun pedagang dan peternak perseorangan, mendata ternak yang siap untuk dijadikan qurban dan pengobatan bila ada ternak yang sakit," kata Suparmono.

Peningkatan 230 titik pemantauan karena jumlah petugas yang terlibat bertambah, shohibul qurban bertambah dan peran aktif panitia qurban melaporkan kegiatannya. Peningkatan jumlah pemotongan ternak 7.149 ekor karena masa pandemi berakhir.

Kemudian, ada peningkatan kesadaran untuk berqurban dari masyarakat. Serta, meningkatnya pemantauan petugas ke titik pemotongan ternak dan peningkatan panitia qurban melapor. Temuan kasus cacing hati turut alami peningkatan."Karena lebih banyak titik potong yang bisa dipantau petugas yang selama pandemi tidak terpantau, keberhasilan sosialisasi pemotongan hewan qurban kepada takmir masjid atau paniita qurban, sehingga paham tentang produk hewan yang sehat," ujar Suparmono. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement