Rabu 13 Jul 2022 07:15 WIB

Capaian Vaksinasi Booster di Tangerang Baru 27 Persen

Sebanyak 14 orang masih dirawat dan 450 orang menjalani isolasi karena Covid-19.

Rep: Eva Rianti / Red: Ilham Tirta
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis penguat (booster) kepada warga (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Yuius Satria Wijaya
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis penguat (booster) kepada warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten Tangerang terus menggencarkan kegiatan vaksinasi Covid-19 ketiga atau booster bagi warga untuk memaksimalkan upaya menekan angka kasus Covid-19. Tercatat, sebanyak lebih dari 586 ribu orang di Kabupaten Tangerang sudah divaksinasi booster.

"Sampai Selasa (12/7/2022), sudah ada 586.204 atau baru mencapai 26,7 persen warga di (Kabupaten) Tangerang yang telah menerima vaksin dosis tiga atau booster (dari target sebanyak 2,8 juta jiwa)," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Tangerang, Hendra Tarmizi dalam keterangannya, Rabu (13/7/2022).

Hendra mengatakan, angka tersebut dipastikan akan terus bertambah di setiap harinya, seiring dengan berjalannya program vaksinasi. Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan capaian vaksinasi booster dapat menyentuh angka separuh dari target keseluruhan.

Baca juga : Gejala Covid-19 Terbaru yang Muncul di Malam Hari, Terkait Subvarian BA.5

"Untuk target kita di atas 50 persen lebih dan sampai saat ini kita akan terus mengakselerasi capaian itu. Kami tetap membuka gerai vaksinasi di semua puskesmas dan mengusulkan ke Pemerintah Pusat agar mewajibkan vaksin kepada warga saat bepergian atau masuk ke pusat perbelanjaan," kata dia.

Sementara itu, terkait upaya antisipasi terhadap lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tangerang menyiagakan lebih dari 1.000 tempat tidur di puluhan rumah sakit di Kabupaten Tangerang. Per Selasa (12/7/2022) penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang sebanyak 55 kasus menjadi 58.595 kasus. Sebanyak 14 orang masih dirawat dan 450 orang menjalani isolasi.

"Untuk mengatasi lonjakan kasus, kita masih memiliki 1.200 tempat tidur di 26 RS di wilayah Kabupaten Tangerang. Meski begitu, kami selalu mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan, selalu pakai masker jika keluar rumah, dan lakukan vaksinasi terutama vaksin booster untuk memperkuat daya tahan tubuh," kata dia.

Hendra mengimbau masyarakat agar melakukan vaksinasi mulai dari dosis pertama, kedua, hingga booster sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh. Tercatat, capaian angka vaksinasi dosis satu sebanyak 2,3 juta jiwa atau 79,9 persen, sementara dosis dua 1,9 juta jiwa atau 67,4 persen.

Baca juga : Dikontrak 1.000 Ton, Charoen Jadi Eksportir Pertama Ayam RI ke Singapura

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement