Kamis 07 Jul 2022 05:50 WIB

Mengenal Muslim Pasmanda, Kantong Suara Utama BJP India

85 persen dari total populasi Muslim di India dikenal sebagai Pasmanda.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Muslim India melaksanakan shalat Idul Adha di Jammu, India pada 16 Oktober 2013. Mengenal Muslim Pasmanda, Kantong Suara Utama BJP India
Foto:

Semua organisasi kecil Muslim Pasmanda kebanyakan ditemukan di Uttar Pradesh, Bihar, Jharkhand dan Benggala Barat. Dapat dikatakan Muslim India juga menjadi korban sistem berbasis kasta. Mereka umumnya dibagi menjadi tiga kelas utama dan ratusan persaudaraan.

Mereka yang beragama Islam kasta atas disebut Ashraf, yang berasal dari Asia Barat atau Tengah. Orang-orang seperti itu termasuk Sayyid, Sheikh, Mughal dan Pathans.

Mereka yang masuk Islam dari kasta tinggi Hindu diturunkan sebagai Muslim kelas atas. Mereka masih dikenal sebagai Muslim Rajput, Taga atau Tyagi Muslim, Chaudhary atau Chaudhary Muslim, Grahe atau Gaur Muslim, Syed Brahmana. Mereka dianggap sebagai Brahmana Muslim.

Sementara itu, beberapa nama seperti Kunjre (Raine), Weaver (Ansari), Dhuniya (Mansoori), Kasai (Qureshi), Fakir (Alvi), Hairdresser (Salmani), Scavenger (Halalkhor), Gwala (Ghosi), Dhobi (Havarati), Blacksmith (Saifi), Manihar (Siddiqui), Penjahit (Idrisi), serta Vangurjar termasuk dalam identitas Muslim Pasmanda.

Ketimpangan sosial di kalangan umat Islam disebut Syedisme. Berbagai gerakan dilancarkan melawan dominasi ini dan diskriminasi kasta atau kasta di kalangan umat Islam oleh Altaf (Muslim Mundur) dan Arzal (Muslim Dalit). Gerakan-gerakan ini telah dimulai di negara itu secara tetap sejak awal abad ke-20. 

https://www.dnaindia.com/india/report-who-are-pasmanda-muslims-and-how-they-can-become-a-major-vote-bank-for-the-bjp-pm-narendra-modi-danish-ansari-2966139

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement