Sabtu 11 Jun 2022 15:46 WIB

Tujuh Tempat Situs Ziarah Jamaah Haji di Madinah dan Makkah

Ada sejumlah tempat wisata situs ziarah jamaah haji di Makkah dan Madinah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Tujuh Tempat Situs Ziarah Jamaah Haji di Madinah dan Makkah. Foto:  Pengunjung memadati gua Hira di Makkah.
Foto: saudigazette
Tujuh Tempat Situs Ziarah Jamaah Haji di Madinah dan Makkah. Foto: Pengunjung memadati gua Hira di Makkah.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Jamaah haji asal Indonesia saat ini sedang melaksanakan proses ibadah haji musim 2022. Setelah menunaikan ibadah ini, sambil menunggu jadwal kepulangan, biasanya para jamaah akan melakukan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Kota Makkah dan Madinah.

Setidaknya ada tujuh tempat wisata atau ziarah yang biasa didatangi jamaah haji. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam buku “Rahasia Bugar Sehat Saat Berhaji dan Umrah” karya Syarief Hasan Lutfie dan Ary Ginanjar Agustian.

Baca Juga

Pertama, Jabal Nur atau Gua Hira

Inilah tempat yang pasti tidak terlewatkan untuk dikunjungi jamaah haji, yang lokasinya tidka jauh dari Masjidil Haram Makkah. Hanya sekitar 6 kilometer sebelah utara Masjidil Haram. Di pucak Jabal Nur inilah terdapat Gua Hira, tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama, yaitu Surat Al-Alaq ayat 1-5.

photo
Peziarah bermunajat di Gua Hira, Jabal Nur (Bukit Cahaya), Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu (4/5/2019) dini hari. - (Antara/Aji Styawan)

 

Kedua, Jabal Tsur

Letak Jabal Tsur berlawanan arah dengan Jabal Nur, yaitu lima kilometer di arah selatan Masjidil Haram. Di sini terdapat Gua Tsur, tempat Nabi Muhammad dan sahabatnya, Abu Bakar Ash-Shiddiq bersembunyi dari kejaran kaum Quraish sebelum hijrah ke Madinah. Untuk mencapai bukit dan gua dengan kontur yang mendaki ini, kalau berjalan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

photo
Jabal Tsur - (antarafoto)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement