Selasa 07 Jun 2022 17:15 WIB

India Berhasil Uji Coba Rudal Balistik

Peluncuran Agni-4 telah sukses dilakukan dengan jangkauan 4.000 kilometer.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
India mengumumkan keberhasilannya dalam menguji tembak rudal balistik
Foto: reuters
India mengumumkan keberhasilannya dalam menguji tembak rudal balistik

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - India mengumumkan keberhasilannya dalam menguji tembak rudal balistik. Pada Senin (6/6/2022) waktu setempat, Kementerian Pertahanan mengumumkan bahwa peluncuran Agni-4 telah sukses dilakukan dengan jangkauan 4.000 kilometer.

"Peluncuran pelatihan yang sukses dari Rudal Balistik Jarak Menengah, Agni-4, dilakukan sekitar jam 19.30 pada 06 Juni 2022, dari Pulau APJ Abdul Kalam, Odisha (India timur)," kata kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip laman Anadolu Agencies, Selasa (7/6/2022).

Uji coba yang berhasil adalah bagian dari peluncuran pelatihan pengguna rutin yang dilakukan di bawah naungan Komando Pasukan Strategis. "Peluncuran memvalidasi semua parameter operasional serta keandalan sistem," tambah pernyataan itu.

Pada tes kali ini India ingin membuktikan bahwa negaranya memiliki kemampuan pencegahan minimum yang kredibel. Agni-IV adalah rudal balistik permukaan ke permukaan berkemampuan nuklir jarak jauh dengan jangkauan 4.000 kilometer (2.500 mil).

Baca juga : Indonesia Kecam Pernyataan Politikus India yang Menghina Nabi Muhammad

Akhir April, India berhasil menguji coba versi anti-kapal dari rudal jelajah supersonik BrahMos. Pada bulan yang sama, Angkatan Udara India menguji coba rudal BrahMos dari jet tempur Sukhoi di pesisir timur.

Pada Maret, India berhasil menguji keakuratan rudal jelajah supersonik BrahMos jarak jauh. Rudal tersebut diluncurkan dari Chennai, sebuah kapal perusak rudal siluman Angkatan Laut India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement