Rabu 01 Jun 2022 01:06 WIB

Lima Bangunan Terkenal Israel Ini Dibangun di Atas Desa Palestina

Israel merebut paksa tanah dan mengusir penduduk Palestina.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah pesawat Gulf Air Kerajaan Bahrain yang membawa delegasi pejabat dari Bahrain mendarat di Bandara Internasional Ben Gurion, dekat Tel Aviv, Israel, 01 Desember 2020. Media melaporkan bahwa delegasi pejabat Bahrain datang ke Israel untuk keperluan bisnis. Lima Bangunan Terkenal Israel Ini Dibangun di Atas Desa Palestina
Foto:

2. Bandara Ben Gurion

Jutaan orang terbang ke Israel setiap tahun melalui Bandara Ben Gurion, dinamai menurut nama perdana menteri pertama Israel David Ben-Gurion. Namun sebelum bandara ada, Lydda, begitulah sebutan tanah itu, adalah rumah bagi komunitas Muslim dan Kristen Palestina yang bercampur dan komunitas Yahudi yang lebih kecil.

Lydda berganti nama menjadi Lod yang dimaksudkan untuk menjadi bagian dari negara Arab-Palestina, menurut rencana pembagian PBB, tetapi diambil oleh pasukan Zionis sebelum deklarasi kenegaraan Israel.

Puluhan ribu orang Palestina, penduduk Lydda, kemudian digiring ke perbatasan Yordania dalam apa yang dikenal sebagai Lydda Death March pada Juli 1948. Pada 1973, landasan pacu yang dulunya kecil di lokasi tersebut telah berkembang menjadi bandara internasional.

3. Pusat Kesehatan Mental Kfar Shaul

Rumah sakit jiwa Kfar Shaul didirikan pada 1951 di lokasi desa Deir Yassin dan menggabungkan beberapa bangunan yang ditinggalkan di kompleksnya. Kemudian kuburan Deir Yassin juga dihancurkan untuk membuat jalan baru. 

Terletak di dekat Yerusalem, Deir Yassin terkenal dengan pembantaian Israel terhadap sekitar 100 penduduk pada April 1948. Segera setelah pembantaian itu, beberapa orang Yahudi terkemuka, termasuk filsuf Martin Buber, berkampanye untuk membiarkan Deir Yassin tidak berkembang sebagai penghormatan kepada mereka yang telah kehilangan nyawa mereka dalam pembantaian itu.

Tetapi, saran itu diabaikan oleh otoritas Israel. Saat ini, pinggiran kota Yerusalem adalah bagian dari Har Nof, sebuah distrik perumahan yang didominasi Yahudi Ortodoks. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement