Catat! Tips Sehat Selama Perjalanan Mudik 2022

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Apr 2022 17:23 WIB

Sejumlah pemudik saat mendorong mobilnya yang mogok di Rest Area KM 228 ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6). Ilustrasi. Catat! Tips Sehat Selama Perjalanan Mudik 2022 Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah pemudik saat mendorong mobilnya yang mogok di Rest Area KM 228 ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6). Ilustrasi. Catat! Tips Sehat Selama Perjalanan Mudik 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri tak terasa tinggal menghitung hari. Sebagian orang ada yang sudah mulai perjalanan mudik. Sementara itu, pemerintah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 28 hingga 29 April.

Bagi Anda yang belum berangkat, pastikan Anda sudah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan selama perjalanan mudik nanti. Pakar Gizi dan Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Katrin Roosita memberikan tujuh tips sehat selama perjalanan mudik.

Baca Juga

Tips Sehat Selama Perjalanan Mudik 2022

1. Konsumsi makanan beragam

Usahakan selama mudik Anda mengonsumsi makanan beragam, termasuk konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang seimbang. “Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula dan lemak berlebih,” kata Katrin kepada Republika.co.id, Rabu (27/4/2022).

Sebelum makan, selalu perhatikan kebersihan makanan dan minuman, termasuk peralatan makan atau minum yang digunakan.

2. Persiapkan bekal makanan yang cukup

Katrin menyarankan agar menyiapkan bekal yang cukup selama perjalanan mudik. Saran ini berguna saat Anda sedang terjebak macet agar tidak kelaparan jika tempat makan atau rest area berikutnya masih jauh.

“Siapkan makanan yang mudah dikonsumsi tetapi cukup mengeyangkan hingga tiba di rest area berikutnya, seperti lontong, arem-arem, lemper, atau roti isi. Bisa juga dengan buah misalnya, pisang dan buah berkulit, seperti jeruk, salak dan lengkeng,” ujarnya.

Kurangi makanan dengan kadar garam yang tinggi dan minuman berkarbonasi. Kadar garam akan memicu rasa haus dan tidak nyaman. “Semakin mudah haus, semakin banyak minum maka akan semakin sering Anda ingin buang air kecil,” ucap dia.

3. Jaga protokol kesehatan     

Katrin menyebut jangan lupa bagi pemudik untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak atau hindari kerumunan.