Selasa 22 Mar 2022 20:30 WIB

Masjid Jamik Usang Pasia Tertua di Pasie

Masjid Jamik Usang Pasia terletak di Jorong Pincuran, Nagari Pasie, Agam, Sumbar.

Rep: Febryan Fachri/ Red: Agung Sasongko
Masjid Jamik Usang Pasie di Jorong Pincuran, Nagari Pasie, Kabupaten Agam yang sudah ada sejak zaman perang paderi
Foto: dok. Istimewa
Masjid Jamik Usang Pasie di Jorong Pincuran, Nagari Pasie, Kabupaten Agam yang sudah ada sejak zaman perang paderi

IHRAM.CO.ID, BUKITTINGG -- Masjid Jamik Usang Pasia terletak di Jorong Pincuran, Nagari Pasie, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Masjid ini salah satu bukti sejarah syiar Islam di daerah Pasie sejak masa perang paderi. 

"Ini adalah masjid tertua di sini. Lebih kurang sudah dua abad. Masjid ini sudah ada sejak awal masa perang paderi," kata Penjaga Masjid Jamik Usang Pasia, Nasrul Hamid (81), Selasa (22/3/2022).

Baca Juga

Nasrul menyebut pembangunan  Masjid Jamik Usang Pasie diprakarsai oleh ulama masyhur di daerah itu. Ulama itu bernama  Syekh Muhammad Husin atau dikenal dengan Tuanku Kubu Sanang yang bergelar Inyiak Gobah. Nasrul menyebut Inyiak Gobah dikenal masyarakat sekitar dengan nama Angku Merapi. Karena daerah itu hanya berjarak beberapa kilometer dari Gunung Marapi.

Syekh Muhammad Husin adalah seorang tokoh 'Harimau Nan Salapan' yang dipimpin oleh Tuanku Nan Ranceh. Ia berguru kepada Tuanku Nan Tuo di Cangkiang, Batu Taba, Agam yang juga guru dari para tokoh Harimau Nan Salapan yang lain

Inyiak Gobah bersama masyarakat mendirikan masjid ini dari bahan kayu-kayu tua yang berasal dari Gubung Marapi. Mereka semangat mendirikan rumah ibadah untuk menjadi pusat syiar Islam di Pasie saat itu. Di situ, dijadikan pusat pembelajaran agama dan mendidik karakter masyarakat agar lebih paham dengan agama Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement