Selasa 22 Mar 2022 14:14 WIB

Notifikasi Gmail di Android Miliki Tampilan Baru

Gmail Android dalam proses meluncurkan ikon terpisah untuk notifikasi chat dan spaces

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Gmail/ilustrasi. Gmail Android dalam proses meluncurkan ikon terpisah untuk notifikasi chat dan spaces
Foto: gadgetlite.com
Gmail/ilustrasi. Gmail Android dalam proses meluncurkan ikon terpisah untuk notifikasi chat dan spaces

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google memperbarui layanan Gmail yang menghasilkan perbedaan tampilan. Pengguna Android akan dapat melihat notifikasi dari Google Chat atau Spaces langsung dari bilah status.

Karena Hangouts akan segera digantikan oleh Google Chat untuk pengguna Google Workspace, perusahaan telah menambahkan ikon bilah status baru yang memudahkan pengguna membedakan antara notifikasi Google Chat dan Spaces.

Baca Juga

Hingga saat ini, aplikasi perpesanan Google, Chat, dan Spaces, telah menggunakan gelembung pesan yang diisi dengan gelembung lainnya di belakangnya sebagai ikon bilah status. Ini mempersulit pengguna untuk menentukan apakah mereka memiliki pesan dari satu rekan kerja atau jika seseorang mengatakan sesuatu dalam obrolan grup. Untungnya, itu tidak akan terjadi lagi setelah pembaruan terbaru Google untuk Gmail tersedia secara luas.

Ikon bilah status baru

Dilansir TechRadar, Selasa (22/3/2022), 9to5Google melaporkan, Gmail untuk Android saat ini sedang dalam proses meluncurkan ikon terpisah untuk notifikasi Chat dan Spaces. Ikon obrolan baru berupa gelembung pesan tunggal yang digariskan dan memiliki interior kosong.

Sementara ikon Spaces baru menggambarkan tiga orang bersebelahan. Jika salah satu dari ikon baru ini tampak familier, itu karena ikon tersebut sedang digunakan di klien email Google untuk desktop.

Meski begitu, ada kemungkinan beberapa pengguna bingung dengan ikon Spaces baru pada awalnya karena terlihat lebih mirip aplikasi jejaring sosial daripada aplikasi obrolan di tempat kerja. Menurut 9to5Google, publikasi hanya melihat ikon bilah status baru ini muncul di satu smartphone Android yang menjalankan Gmail versi 2022.02.20. Namun, Google kemungkinan akan segera meluncurkannya ke lebih banyak perangkat Android.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement