Tiga Persiapan Sebelum Ramadhan Tiba

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 05 Mar 2022 13:05 WIB

Ramadhan Foto: ist Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --  Hadirnya bulan Sya'ban menjadi pertanda dan pengingat bahwa Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Selain dianjurkan untuk bergembira menyambut Ramadhan, umat Islam seyogianya juga membekali diri dengan pengetahuan ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan yang suci.

Pendiri Rumah Fikih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat mengatakan, sejatinya setiap macam ilmu memang perlu dipelajari oleh umat Islam. Namun, dalam konteks Rama dhan, sejumlah ilmu yang perlu diketahui adalah mengenai amalan-amalan ibadah Ramadhan semacam puasa.

Baca Juga

"Namun, menurut saya bukan harus dipelajari ya-karena setiap umat Muslim--saya rasa sudah mengenal ibadah-ibadah yang ada di bulan Ramadhan. Mungkin lebih me-refresh saja mengenai apa saja ibadah dan juga ilmu yang berkaitan dengan Ramadhan,"kata Ustadz Sarwat saat dihubungi Republika, Selasa (1/3/2022).

Menurut dia, upaya menyegarkan kembali mengenai ilmu ibadah yang berkaitan dengan Ramadhan bisa seputar membedakan mana ibadah yang wajib, sunah, dan mubah. Ustaz Sarwat juga mengingatkan, ilmu memiliki level- levelnya tersendiri, mulai dari ilmu dasar, menengah, hingga level tertinggi.

Untuk itu, dia menekankan, bagi umat Islam yang baru memiliki pemahaman ilmu secara dasar, seyogianya dapat menjalankan apa yang ia ketahui tanpa perlu membenarkan atau menyalah-nyalahkan ilmu atau amalan orang lain. Dia menganalogikan bahwa andaikata ilmu dasar adalah sekotak nasi bungkus, si pemiliknya hanya perlu menikmati nasi bung kus tersebut beserta lauk-pauknya tanpa ha rus memakan atau mengomentari nasi bungkus orang lain.