Kamis 03 Feb 2022 15:51 WIB

Rahasia Teknologi Fotografi Huawei P50

Huawei P50 Pro memperkenalkan sistem Kamera Dual-Matrix pertama.

Huawei P50 Pro
Foto: huawei
Huawei P50 Pro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Huawei P50 Pro memperkenalkan sistem Kamera Dual-Matrix pertama. Berbeda dengan pabrikan lain yang berfokus pada peningkatan serupa pada setiap generasi hardware kamera smartphone, Huawei memilih pendekatan yang lebih terintegrasi.

Pendekatan ini menyatukan kemampuan dan kecanggihan beberapa lensa, sensor multi-spektrum 10-channel, Huawei XD Optics sebagai mesin yang menghasilkan gambar dengan kualitas super tinggi, serta True-Chroma Image Engine untuk menciptakan solusi pencitraan gambar (imaging) serbaguna dalam smartphone.

Baca Juga

Kombinasi teknologi pada kamera utama Huawei P50 Pro mampu menyelesaikan berbagai permasalahan fotografi ponsel, bahkan pada skenario tersulit sekalipun. Performa kamera di smartphone seringkali dikeluhkan karena penggunaan lensa tunggal yang membatasi area sensor, sehingga berdampak pada kemampuan imaging yang kurang hidup.

Namun di sisi lain, saat sebuah smartphone memperbesar area sensor kameranya, maka tantangan terbesarnya adalah mengakali keterbatasan ruang dengan desain yang kurang praktis karena terkesan "besar dan berat".

Menambah jumlah lensa kamera, secara teori dapat melipatgandakan cahaya masuk. Huawei telah mengadopsinya melalui kombinasi lensa monokrom dan lensa warna yang dapat mengumpulkan sinyal kecerahan sekaligus dari model warna RGB (merah, hijau, dan biru).

Meski mampu membiaskan cahaya lebih tinggi mendekati kemampuan mata manusia, namun algoritma ini bukan tanpa tantangan. Risiko perbedaan sudut pandang masih tetap ada, namun Huawei telah berinovasi untuk meminimalisir dampaknya melalui konsep AI-Raw.

Ketika shutter ditekan, sensor akan mengambil beberapa foto untuk pemrosesan fusi yang bersamaan dengan proses detail gambar, sehingga meminimalisir hilangnya konversi sinyal elektrik penyebab foto kurang tajam.

"Konsep AI-Raw ini mendasari rancangan matriks kamera utama Huawei P50 Pro sebagai flagship smartphone terbaru dari Huawei, yang dirakit dari kombinasi lensa monokrom dan lensa RGB, serta sensor multi-spektrum," ujar Country Head of Huawei CBG Indonesia Patrick Wu.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement