Ahad 23 Jan 2022 23:26 WIB

IDI Jadwalkan Sidang Etik Dokter G yang Suntikkan Vaksin Kosong

Masyarakat diminta tidak panik dan tetap mengikuti vaksinasi Covid-19.

Vaksinator mengambil botol kosong vaksin Covid-19 jenis Pfizer. IDI Jadwalkan Sidang Etik Dokter G yang Suntikkan Vaksin Kosong
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator mengambil botol kosong vaksin Covid-19 jenis Pfizer. IDI Jadwalkan Sidang Etik Dokter G yang Suntikkan Vaksin Kosong

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan, Sumatra Utara sedang menyiapkan sidang etik terhadap oknum dokter dan tim medis yang menyuntikkan vaksin kosong kepada siswa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Medan Labuhan.

"Kami akan lakukan persidangan," kata Ketua IDI Cabang Medan Wijaya Juwarna, Ahad (23/1/2022).

Baca Juga

Wijaya menyebutkan akan segera memanggil dokter dan tim medis yang terlibat untuk menelusuri kasus suntikan tanpa cairan vaksin tersebut. "IDI akan memanggil dokter dan tim medis yang terlibat untuk menelusuri dan mendalami apa yang sebenarnya terjadi di lapangan pada saat itu. Tentunya dari sisi prinsip dan teknis operasional kedokteran," jelasnya.

Ia meminta masyarakat tidak panik dan tetap mengikuti vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok agar terhindar dari penularan Covid-19. Ia juga meminta para tenaga medis, terutama pada vaksinator bekerja sesuai dengan standar dan mengikuti aturan yang ditentukan.

 

"Bagi sejawat yang bertugas sebagai vaksinator tetaplah bekerja secara profesional," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan seorang siswa SD disuntik dengan vaksin kosong viral di media sosial (medsos). Kejadian dalam video itu diketahui berada di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan. Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh petugas kepolisian, diketahui vaksinator yang terlibat dalam kasus tersebut merupakan dokter berinisial G.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement