Kamis 20 Jan 2022 21:50 WIB

Sholat Jum'at di Negara Tanpa Masjid, Bagaimana?

Bagaimana nasib seorang pria muslim yang tinggal di negara tanpa masjid?

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Tenang dan khusuk ketika sholat (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA
Tenang dan khusuk ketika sholat (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Bagaimana nasib seorang pria muslim yang tinggal di negara atau wilayah yang tidak mempunyai masjid? Apakah bisa dilakukan di rumah? atau boleh dilakukan sendiri-sendiri? Lantas bagaimana sholat jum'at jika masjid tidak ditemukan? 

Dilansir dari Islam Web, Kamis (20/1/2022), dijelaskan bahwa melaksanakan sholat lima waktu adalah wajib, baik di negara-negara Muslim atau di negara-negara non-Muslim. Entah itu dilakukan di rumah sendiri atau di tempat lain.

Baca Juga

Namun jika ditanya apakah boleh sholat berjamaah di rumah, maka jawabannya adalah boleh. Dianjurkan bagi seorang Muslim untuk sholat berjamaah dengan keluarga atau dengan teman-teman.  Hal ini karena sholat berjamaah lebih baik daripada sholat sendirian.

Nabi SAW bersabda yang artinya: 

"Sholat berjamaah dua puluh tujuh derajat lebih banyak pahalanya daripada sholat satu orang."  [HR. Muslim]

Dalam riwayat lain, Nabi SAW juga bersabda: 

“Sholat seorang laki-laki yang dikerjakan dengan laki-laki lain lebih baik daripada Sholatnya yang dikerjakan sendiri, dan Sholatnya dua orang lebih baik daripada Sholatnya dengan satu orang, dan jika mereka lebih banyak (jumlahnya), maka itu lebih dicintai oleh Allah SWT.”  [HR. Abu Dawood dan an-Nasaa-i] 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement