Kamis 20 Jan 2022 16:20 WIB

Mitrabara Gandeng Raksasa Renewable Energy UEA Kembangkan Energi Terbarukan

Kerja sama dilakukan untuk mendorong emisi nol bersih.

Masdar dan PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP), bekerja sama dalam energi terbarukan.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Masdar dan PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP), bekerja sama dalam energi terbarukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masdar, perusahaan energi terbarukan terkemuka dunia mengumumkan pembentukan joint venture (JV) dengan PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP), konglomerasi Indonesia yang fokus di sektor energi. Kerja sama pengembangan dan penyediaan energi terbarukan tersebut akan menyasar segmen komersial & industri (C&I) dari pasar energi terbarukan di Indonesia yang tumbuh sangat pesat.

Kerja sama antara MBAP dan raksasa energi terbarukan asal Uni Emirat Arab (UEA) tersebut diumumkan Rabu, (19/1/2022) di sela-sela Abu Dhabi Sustainability Week (ADSW) 2022, yang berlangsung di ibu kota UEA pekan ini. Dihadiri Angela Soedjana, Direktur Baramulti Group, dan Hidefumi Kodama, General Manager, Coal and Energy Solution Department, Idemitsu Kosan Co., Ltd., yang kedua–duanya merupakan pemegang saham mayoritas Mitrabara, Khoirudin, Direktur Utama Mitrabara, dan untuk Masdar diwakili oleh Fawaz Al Muharrami, Actinv Executive Director, Clean Energy. PT Masdar Mitra Solar Radiance, perusahaan JV tersebut, akan beroperasi dengan mempergunakan brand "Solar Radiance".

Khoirudin, Chief Executive Officer Mitrabara, mengungkapkan, dengan meningkatnya kebutuhan industri dan perusahaan untuk mengurangi jejak karbon mereka, ketersediaan energi terbarukan di suatu negara akan menjadi salah satu pendorong utama keputusan investasi banyak perusahaan. Sayangnya, apabila dibandingkan dengan negara – negara tetangga sekitar, Indonesia masih harus banyak mengejar ketinggalan untuk pengembangan sektor ini.

"Kami yakin Solar Radiance akan mampu mempercepat implementasi energi surya sebagai salah satu solusi energi terbarukan di Indonesia," kata dia.

Apalagi menurut Khoirudin sumber daya energi matahari di Indonesia sesungguhnya sangat melimpah, dan masih banyak aspek yang dapat dikembangkan. "Pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang Masdar dan Mitrabara bawa ke dalam Perusahaan JV tersebut akan menghadirkan keunikan di pasar energi terbarukan dan akan memastikan solusi terbaik bagi pelanggan kami," katanya.

Fawaz Al Muharrami, Acting Executive Director, Clean Energy Masdar, menyampaikan Solar Radiance akan mendukung upaya diversifikasi energi para pelanggan komersial dan industri Masdar di Indonesia, dan memberikan kontribusi positif pada aksi mitigasi perubahan iklim. "Ini lantaran pelanggan internasional dan domestik di Indonesia sesungguhnya membutuhkan penawaran energi terbarukan untuk memenuhi target pengurangan emisi mereka sendiri," ujar dia.

Ia pun berharap dapat bekerja sama dengan Mitrabara dalam melayani segmen pasar ini serta untuk lebih memperluas kehadiran perusahaannya di pasar domestik Indonesia dan kawasan Asia Tenggara pada umumnya. "Kami senang memberikan dukungan kami untuk mencapai tujuan keberlangsungan iklim bersama dan mendorong emisi nol bersih," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement